Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Belajar Coding Bersama Kominfo

Sekolah419 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Sebanyak 40 siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar mengikuti pelatihan Thematic Academy (TA) Pengenalan Coding yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari mulai tanggal 11 Juni hingga 12 Juni 2024.

Pelatihan ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bagian dari Agenda Transformasi Digital Nasional. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan dasar pemrograman melalui coding kepada siswa SMP. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep dasar dalam teknologi informasi dan komunikasi serta mendukung perkembangan digitalisasi di Indonesia.
Dalam pelatihan ini, para siswa diberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dasar dalam coding melalui pembelajaran interaktif dan praktik langsung.

Materi pelatihan mencakup pengenalan bahasa pemrograman, logika pemrograman, dan pengembangan aplikasi sederhana. Para siswa juga diajak untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan berbagai tantangan pemrograman untuk mengasah keterampilan mereka.

Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kota Makassar, Muhammad Agung Harimurti Purnomoaji mengatakan pelatihan tersebut merupakan langkah awal dalam mempersiapkan generasi muda Makassar menghadapi tantangan dan peluang pada era digital.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para siswa dapat memperoleh pemahaman yang kuat tentang teknologi dan mampu mengaplikasikannya dalam berbagai bidang kehidupan,” tegas Agung.

Para siswa pun antusias mengikuti pelatihan ini, dengan harapan dapat mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Mereka juga menyambut baik inisiatif Kominfo dalam memberikan kesempatan belajar tentang coding kepada generasi muda. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menumbuhkan minat dan bakat di bidang teknologi informasi dan komunikasi di kalangan siswa.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana dan IT SMP Islam Athirah Bukit Baruga Isma Fatahuddin turut mendukung hal tersebut. Menurutnya, hal ini sebagai langkah positif dalam memperkenalkan teknologi untuk tantangan digital masa depan.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, pelatihan ini menjadi  langkah positif untuk memperkenalkan keterampilan teknologi kepada siswa juga  mempersiapkan siswa  untuk tantangan masa depan yang semakin digital,” pungkas Isma.

Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *