Terminal Baru Bandara Sultan Hasanuddin Siap Dioperasikan Dalam Waktu Dekat

Nasional, News354 Views
banner 468x60

Online24,Maros –Setelah dimulai pengerjaannya di tahun 2019 lalu, akhirnya gedung terminal baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah bisa difungsikan.

 

Berdasarkan rencana, penggunaan terminal baru yang luasnya mencapai 9.139 m2 akan mulai difungsikan hari rabu mendatang (19/6/2024). PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan memindahkan area layanan penumpang keberangkatan dari terminal lama ke terminal baru bandara.

 

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Minggus Gandeguai mengatakan, dengan difungsikannya terminal baru tersebut, maka akan ada beberapa perubahan akses dan alur kendaraan serta penumpang. Beberapa diantaranya perubahan alur kendaraan roda empat yang menurunkan penumpang, alur kendaraan roda empat yang parkir, alur kendaraan roda dua serta alur penumpang transfer.

 

“Akses masuk ke area check in dan pemeriksaan juga akan mengalami perubahan dari akses sebelumnya,” jelasnya.

 

Saat ini kata dia, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah melakukan sosialisasi dan familiarisasi ke stakeholder bandara seperti Otoritas Wilayah V Makassar, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Makassar, Maskapai, dan Groundhandling agar setiap petugas dapat mengetahui alur serta proses kerja di terminal baru.

 

“Untuk memastikan sarana dan fasilitas dapat berjalan dengan baik, kami telah melakukan sosialisasi dan percobaan dengan stakeholder bandara. Sehingga per tanggal 19 Juni 2024 sampai seterusnya, penumpang berangkat akan dilayani di Terminal Keberangkatan Baru Bandara.” Ujarnya.

 

Minggus menambahkan,

pemindahan calon penumpang ke Terminal Baru sudah harus didlakukan secara bertahap. Pertama memindahkan layanan keberangkatan terlebih dahulu. Untuk kedepannya baru dulakukan pemindahan kedatangan penumpang.

 

PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan sebagian area di Terminal Baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan luasan area seluas 9.139 m2 untuk area check in dan 5.336 m2 untuk area pemeriksaan penumpang serta jalur menuju ke ruang tunggu. Penumpang transit tetap keluar melalui area kedatangan eksisting dan akan tersedia suttle bus untuk mengangkut penumpang transit menuju ke terminal baru.

 

“Penumpang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama sekitar 10 – 15 menit dari Area Check In ke Ruang Tunggu. Oleh karena itu kami menghimbau agar para penumpang dan pengantar untuk memperhatikan penunjuk arah yang ada agar tidak salah arah serta datang 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan.” tambah Minggus.

 

Selain menyediakan penunjuk arah, pihak pengelola bandara akan mengerahkan petugas Helper yang siap membantu penumpang membutuhkan agar tidak salah jalur di Terminal Baru ini.

 

“Karena ini masih baru, jadi akan ada petugas helper yang akan membantu calon penumpang yang membutuhkan bantuan petunjuk arah. Kami menyiapkan sekitar 60 orang petugas yang akan dibagi ke 4 shift,” terangnya.

 

Terminal baru ini dirancang untuk menampung sekitar 25 ribu orang perharinya. Sejak awal masuk, calon penumpang akan disajikan dengan pemandangan ruangan yang luas dengan sejumlah fasilitas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *