Berjalan Sukses, Pengamat Politik Apresiasi Acara NasDem Days 2020

Editor : Andhika BD

Online24, Makassar  – NasDem Days 2020 telah berakhir digelar DPW NasDem Sulsel. Beragam kegiatan mulai dari konsolidasi kader NasDem Se-Indonesia, kegiatan sosial, keagamaan, lomba millenial, hingga kegiatan hiburan, dan kesemuanya dikemas apik dan modern.

Kegiatan akbar partai NasDem yang dibalut dengan sebutan NasDem Days dengan tagline Inspiring from sulsel berjalan sukses, dan menjadi buah bibir di masyarakat hingga kalangan politisi. Tak ketinggalan pengamat politik di Makassar ikut memperhatikan kegiatan tersebut.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Firdaus Muhammad menilai NasDem berhasil melakukan kegiatan sosial yang menjadi bagian dari tanggungjawab partai, bersosialisasi dengan masyarakat, apalagi peduli soal agama dan pendidikan. Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse sukses menggelar acara dan NasDem Days 2020 pantas dicontoh partai lain.

“Jadi NasDem Days sebagai bagian pencitraan politik cukup kontributif, peduli kaum milenial hingga penuh ide-ide kreatif itu patut dicontoh partai lain guna mendekatkan diri pada masyarakat”, jelas Firdaus Muhammad.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin menambahkan jika kegiatan sosial bisa konsisten dilakukan sehingga tidak terkesan hanya pencitraan.

“Harapannya, kegiatan itu tidak dipolitisasi atau pencitraan belaka, melainkan wujud peduli pada masyarakat”, tutup Firdaus Muhammad.

Sementara itu Pengamat Politik Universitas Bosowa (Unibos) Arief Wicaksono menilai apa yang dilakukan partai NasDem lewat event NasDem Days 2020 merupakan kegiatan partai modern yang wajar dilakukan partai politik.

“Ya, berbagai kegiatan dalam NasDem Days kemarin memang menarik perhatian publik Makassar, dan itu wajar saja di lakukan oleh NasDem sebagai partai politik, yang memang secara substansial adalah representasi dari kepentingan masyarakat”, jelas Arief Wicaksonilo.

Lebih jauh menurut Arief yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unibos, apa yang dilakukan NasDem Sulsel bisa diartikan upaya untuk memperlihatkan pengaruh politiknya dan memperluas jangkauan konstituennya.

“Saya melihat, bahwa yang ditampilkan oleh NasDem dihadapan publik Makassar, seperti kegiatan khusus milenial, kaum tani adalah upayanya mencerminkan range atau jangkauan pengaruh politik NasDem kedepan, atau bisa juga dikatakan bahwa NasDem saat ini secara strategis sedang mengupayakan hal itu untuk memperluas scope konstituennya”, tutup Arief Wicaksono.

Rangkain acara NasDem Day dimulai sejak kamis 23 Januari 2020, dengan membagikan paket sembako gratis kepada 5.000 warga kurang mampu disejumlah kecamatan se-kota Makassar. Selanjutnya puncak acara NasDem Days 2020 digelar 25-26 Januari 2020 di kawasan CCC, Hotel Rinra dan kawasan Mall Pipo Makassar.

Ketua umum Partai NasDem Surya Paloh mengikuti semua rangkaian acara, mulai dari konsolidasi DPW NasDem se-Indonesia, Rakorsus DPP NasDem, dan Konsolidasi DPW NasDem se- Sulsel, kegiatan sosial seperti bagi-bagi sembako gratis, donor darah dan tes narkoba, lomba keagamaan Qasidah dan Tilawah, acara milenial dance KPOP, Auto Contest dan E-Sport, pameran produk UMKM, pemberian bantuan pembangunan tempat ibadah dan award tokoh inspirasi, louncing 220 ambulance gratis, penyerahan rekomendasi calon kepala daerah pilkada 2020, dan pelantikan ketua DPP Garnita Malahayati Partai NasDem. (*)

[fbcomments]