Eks Jurnalis Tempo Pimpin Pemuda Muhammadiyah Makassar

Online24jam, Makassar, – Musyawarah Daerah (Musyda) XIII Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar telah berakhir. Hasilnya, Awang Darmawan terpilih sebagai nahkoda baru Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar periode 2018-2022.

Pria yang berprofesi sebagai jurnalis itu terpilih sebagai ketua umum dalam rapat formatur yang dilaksanakan Minggu (15/12/2019) malam di Gedung Pusat Dakwah Islamiyah Kota Makassar, Jalan Gunung Lompobattang 201 Makassar.

Sebelumnya, peserta Musyda memilih sembilan formatur yang terdiri dari Muh. Alwi, Muh. Asrullah, Kamaruddin, Ibnu Kudamah, Muh. Ulil Amri, Muh. Fauzan, Ilham Permana, Awang Darmawan, dan Habib Rahdar. Kesembilan orang ini pun bersepakat menunjuk Awang Darmawan sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar hingga empat tahun ke depan.

Selain menunjuk ketua, formatur Musyda juga menyepakati Muh. Fauzan sebagai Sekretaris dan Kamaruddin sebagai Bendahara Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar.

Awang menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk menahkodai Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar. Ia menyatakan komitmennya untuk membawa Pemuda Muhammadiyah menjadi organisasi modern dan mendukung terwujudnya cita-cita Muhammadiyah yakni masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“Ke depan kami ingin mengajak semua elemen Pemuda Muhammadiyah untuk menggelorakan dakwah Islam berkemajuan sebagai agenda besar organisasi Muhammadiyah di Makassar,” kata Awang, dalam keterangan resminya, Senin (16/12/2019).

Di samping itu, lanjut Awang, ke depan ia bertekad untuk menjadikan Pemuda Muhammadiyah sebagai rumah bertumbuh dan berdaya bagi pemuda Islam di Kota Makassar. Menurutnya, mustahil kemajuan Islam bisa terwujud tanpa dua elemen penting tersebut.

“Pemuda Muhammadiyah nantinya harus menjadi fasilitator yang mendorong anak-anak muda Islam terus bertumbuh baik secara spiritual, intelektual, dan berdaya secara ekonomi. Dengan begitu, barulah kemajuan masyarakat Islam kan datang,” ujar dia.

Awang juga menyampaikan bahwa kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar di bawah kepemimpinannya ke depan siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Makassar dan stakeholder lainnya untuk mendorong terciptanya Makassar yang berkeadaban.

Selanjutnya, Awang bersama delapan formatur lainnya akan segera menyelesaikan komposisi struktur Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar untuk periode 2018-2022.

“Kita upayakan penyusunannya tuntas dalam waktu dekat agar agenda-agenda dakwah pencerahan, gerakan intelektual, dan pemberdayaan bisa segera dilaksanakan,” pungkasnya.(*)