JK Terima Hamengkubuwono Award dari UGM

Online24, Mantan wakil presiden Republik Indonesia 2014-2019, HM Jusuf Kalla menerima penghargaan HB IX Award 2019 dari UGM, bersamaan dalam peringatan Lustrum XIV UGM ,Kamis (19/12/2019).

Kiprah JK sebagai negarawan yang dinilai serius memperjuangkan perdamaian serta kemanusiaan menjadi latarbelakang diberikannya anugerah tersebut.

Surat Keputusan Rektor pemberian penghargaan HB IX Award 2019 dibacakan langsung oleh Dr Gugup Kismono, Sekretaris Rektor UGM. Gugup menyebut JK sangat serius dalam menjalankan pengabdian sebagai negarawan serta terlibat aktif dalam upaya mewujudkan perdamaian Indonesia dan dunia.

Mendapat penghargaan tersebut, JK menyampaikan terimakasih pada semua sivitas akademika UGM yang memilihnya menerima HB IX Award. JK menilai, penghargaan tersebut membawa kebanggaan tersendiri melihat sejarah HB IX dan Gadjah Mada.

“HB IX merupakan tokoh besar bangsa ini, begitu pula Gadjah Mada yang dalam sejarahnya selalu berusaha mempersatukan Nusantara. Penghargaan ini sangat berarti untuk saya. Sekarang tugas kita untuk meneruskan apa yang sudah dilakukan HB IX semasa hidup dahulu. Saya berusaha sebagai pejabat negara, menjalankan tugas penting bangsa ini. Penghargaan ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri untuk saya. Semoga kita semua bisa melanjutkan cita-cita memajukan negeri ini,” ungkap JK.

Tahun 2018 lalu, HB IX Award diberikan untuk Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono. Tahun 2016, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi juga menerima anugerah tersebut atas dedikasi dalam kinerjanya mewujudkan perdamaianan dunia..