NA: Bencana Alam Dapat Terjadi Kapan Saja, Semua Harus Waspada

Online24jam, Makassar, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan bersama dengan Pemerintah Kota Makassar, menggelar Apel Siaga Bencana di Lapangan Karebosi, Rabu (8/1/2020).

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) memimpin Apel Siaga tersebut yang dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, serta instansi terkait tanggap bencana, seperti BPBD, Satpol PP, DLHK, Kesbangpol, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Dalam sambutannya, NA mengatakan, kegiatan apel siaga bencana ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota yang bertugas untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin terjadi.

“Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, perlu adanya kesiapsiagaan petugas maupun sarana dan prasarana penganggulangan bencana,” katanya.

Menurutnya, Ketika terjadi apa apa semua harus bergerak masing masing punya tanggungjawab jangan bertumpu pada pemerintah daerah warga harus siap menghadapi hal ini kedepannya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dari hulu sudah salah itulah kenapa kita harus siap siaga menghadapi curah hujan yang ekstrem kalau curah hujan normal, Bili Bili itu mampu untuk menahan air

“tapi yang terpenting adalah semua wilayah DAS perlu diwaspadai karena ini juga dampak dari perambatan hutan. Makanya program konservasi ini juga tidak bisa lagi ditawar ini sudah keharusan kembalikan fungsi hutan kita. Kalau mau aman.” tegasnya.

Dalam apel ini juga, yayasan Kalla Group menyumbangkan 2 unit perahu karet ke Pemprov Sulsel dan Bank Sulselbar menyumbangkan 1 unit mobil ambulance.