Siapkan Hafizh, SDIT Insantama Makassar Kenalkan Metode TES

Online24jam, Makassar, – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Makassar terus memacu diri dalam membangun siswa yang berkarakter unggul dengan memadukan kurikulum nasional dengan pelajaran dan kehidupan Islam. Salah satu upaya yang ditempuh SDIT Insantama yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar adalah mengenalkan metode TES pada tahun ajaran baru 2020/2021.

Metode TES adalah metode yang digunakan untuk memperbaiki interaksi dengan Al-Qur’an. Dengan semakin sering bertemu dengan Al-Qur’an, membacanya, maka kita akan bisa menghafalnya. “Metode TES ini salah satu upaya di SDIT Insantama menyiapkan penghafal atau hafizh Qur’an” ujar Asriyani, kepala SDIT Insantama, Ahad (19/1) di Makassar.

Lebih lanjut dikatakan, agar metode TES bisa optimal, siswa dan guru akan dilatih agar percaya diri (PD) bisa menghapal Al-Qur’an, ingat membaca dan murojaah (IM2) dan pendekatan 10/120, yaitu setiap 120 menit sekali, kita alokasikan tilawah selama 10 menit dalam sehari untuk berinteraksi dengan al-qur’an. Metode TES dilengkapi Alquran ahsan berisi lembar kerja, hafalan bisa lebih terukur, tatacara menghafal lebih sistematis, bisa di evaluasi dengan mudah, dilengkapi materi motivasi & teknik menghafal dan membantu tilawah 2-10 juz/hari Alquran

Kepala SDIT Makassar, Asriyani mengatakan, dalam membangun karakter unggul siswa yang berbasis aqidah Islam, SDIT Insantama selain metide TES sebelumnya juga telah menerapkan beberapa metode. “Metode itu antara lain metode Qiro’ati untuk pengajaran pembelajaran Al Quran dan Khitaban Fikriyan dan Talaqiyan Fikriyan dalam kegiatan belajar mengajar yang diperkaya dengan teknik Quantum Teaching, Quantum Learning dan Active Learning,” terangnya.

Ketua Yayasan Smart Insan Utama (Yasintama) sebagai pembina SDIT Insantama Makassar, Bahru ulum Ilham mengatakan, SDIT Insantama mempersembahkan metode pendidikan terbaik berlandaskan aqidah islam yang lurus bagi masa depan anak-anak kita yang lebih baik.

“Dengan motto better education for better life, bersama jaringan SDIT Insantama seluruh Indonesia kami memiliki visi menjadi lembaga pendidikan Islam yang bermutu tinggi dan unggul”, katanya.

Dengan menyelenggarakan pendidikan dasar yang memadukan aspek pembentukan kepribadian Islam, penguasaan tsaqofah Islam dan sains teknologi dalam suasana budaya pendidikan yang religius serta didukung oleh peran serta orang tua dan masyarakat,” tambahnya.