5 Lembaga Gelar Kampanye Publik dan Deklarasi Netralitas ASN pada Pilkada 2020

Nasional1 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Tahun 2020 akan dilangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 270 Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sebagai langkah penguatan netralitas ASN pada Pilkada Serentak tersebut, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bekerjasama dengan Bawaslu, Kemendagri, KemenPANRB, dan BKN menggelar Kampanye Publik dan Deklarasi Netralitas ASN pada Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan tema “ASN Netral. Birokasi Kuat dan Mandiri”. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Aryaduta, Makassar, 09-03-2020.

“Netralitas ASN akan kembali diuji dalam gelaran pemilihan pimpinan daerah 2020, yang apabila tidak disikapi dengan tepat melalui langkah-langkah pencegahan serta penindakan yang tegas, bisa jadi pelanggaran netralitas ASN akan terus bertambah” ujar Agus Pramusinto selaku Ketua KASN. Dalam rapat koordinasi Pengawasan Netralitas ASN dan Percepatan Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Prilaku Pada Instansi Pemerintah.

Kegiatan bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan mendorong ASN, masyarakat, media dan pemangku kepentingan Iainnya, agar ASN bersikap netral dalam Pilkada 2020. Diharapkan mereka dapat menjadi social control dalam menjaga netralitas ASN. Agus Pramusinto menjelaskan bahwa KASN setiap tahun menerima banyak pengaduan pelanggaran netralitas ASN. Pada tahun 2018 terdapat 508 laporan pengaduan, dengan total ASN yang terlibat sebanyak 985 orang, dan pada tahun 2019 yang Ialu terdapat 386 laporan pengaduan dengan total ASN yang terlibat sebanyak 528 orang. “Ke depan kita harus awasi betul pelanggaran netralitas ASN, dimana kuncinya adalah melalui kegiatan pencegahan dan berkolaborasi dengan lembaga mitra terkait”, tambah Agus.

Kegiatan kampanye publik Netralitas ASN ini diikuti lebih dari 350 peserta yang terdiri dari pemakilan Pegawai Komisi ASN, Pegawai Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Bawaslu Kota Makassar, Perwakilan Kanreg IV BKN Makassar, Pewakilan Kanreg III BKN Bandung, Kemendagri, Kemen PANRB, ASN, dari Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkot Makassar serta perwakilan dari beberapa NGO seperti Pattiro, FITRA, Yappika dan KPPOD. Dan sejumlah daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada dalam wilayah regional Kanreg lV BKN Makassar (Provinsi Sulsel. Sultra, Sulteng. Sulbar, dan Maiuku), dan Kanreg Ill BKN Bandung (Provinsi Jabar dan Banten). Rakor ini untuk meningkatkan kolaborasi dan keterpaduan pemangku kepentingan pengawasan Pilkada Serentak 2020.

Disamping Kota Makassar, KASN juga menyelenggarakan seri kegiatan Kampanye Publik dan Rapat Koordinasi di 3 wilayah lainnya yaitu Denpasar, Medan. dan Surabaya. Kegiatan akan diikuti seluruh peserta dari 270 daerah yang akan meiaksanakan pilkada serentak tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *