Gugus Tugas Covid-19 Sulsel Kembali dapat Bantuan Senilai Rp 1,8 Miliar

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat menerima bantuan simbolis dari Manager GA PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, Lily Dewi Candinegara (Ist)

Online24, Makassar – Huadi Nickel Alloy Indonesia kembali menyerahkan bantuan kepada Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, di Rujab Gubernur, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Kamis, 11 Juni 2020 kemarin.

Manager GA PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, Lily Dewi Candinegara, menjelaskan, bantuan yang diberikan berupa masker medis N95 10.000 pcs, kecamata safety googles 2.500 pcs, dan pakaian APD 2.500 lembar.

“Ini sebenarnya penyerahan gelombang kedua. Yang pertama kita sudah kasih 20.000 medical masker, kemudian untuk kali ini kita menyerahkan 10.000 masker KN95, 2.500 baju hasmat,” ungkap Lily.
Pihaknya berharap semua bantuan bisa bermanfaat, khususnya rumah sakit yang menangani PDP maupun positif.

“Semoga perhatian kita ini memang benar-benar bisa dimanfaatkan, khususnya yang PDP, untuk mencegah penyebaran di petugas medis dan sebagainya,” jelasnya.

Pihaknya mempercayai penuh gugus tugas mengenai keakuratan data, berapa kebutuhan masing-masing rumah sakit penanganan Covid-19 Sulsel.
“Kami yakin provinsi kan sudah punya gugus tugas, otomatis kebutuhan-kebutuhan untuk beberapa rumah sakit pasti lebih aktual di gugus tugas. Jadi kami berharap bahwa itu memang bisa tepat guna, efektif ke yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya.

Sementara untuk jumlah keseluruhan nilai bantuan PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia mulai dari gelombang pertama dan kedua, mencapai Rp 1,8 miliar. Sedangkan untuk pajak dari beacukai sendiri sudah digratiskan, karena semua barang diimpor dari Cina.

“Total dari semua pengiriman kita Rp 1,8 miliar. Dan itu Alhamdulillah ada beacukai, dari beacukai membantu kita untuk impor bebas pajak.

Jadi memang fasilitas dari pemerintah sendiri untuk bahan-bahan bantuannya yang berkenaan dengan penanganan Covid-19 ini memang kita dikasi fasilitas untuk memudahkan, dan memang beacukai sangat membantu untuk melakukan proses importasi, karena kita impor semua barangnya,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari PT Huadi Nickel Alloy Indonesia.
“Kita sangat bersyukur dan terimakasih kepada PT Huadi sudah membantu kita di gugus tugas Sulsel,” ungkap Nurdin Abdullah.

Nurdin Abdullah juga merasa sangat terbantu, karena bantuan terus mengalir sampai saat ini. “Jujur ini bantuan sangat membantu meringankan beban APBD kita,” tutupnya.

Untuk diketahui, hadir menyerahkan bantuan tersebut Direktur PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, Nick dan Manager GA, Lily Dewi Candinegara. (*)