LP2M STIE Nobel Gelar Pelatihan Edmodo Bagi Para Guru

LP2M STIE Nobel Gelar Pelatihan Edmodo Bagi Para Guru

Online24, Makassar – Perkembangan zaman makin menuntut pemanfaatan media pembelajaran berbasis online, apalagi di saat pandemi. Karena itu, STIE Nobel melalui lembaga pengabdian pada masyarakat (LP2M) mengadakan workshop dan pendampingan “Learning Management System with Edmodo – Solusi Belajar dari Rumah”.

Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu-Selasa, 20-23 Juni 2020 yang difasilitasi dosen STIE Nobel Indonesia, Agunawan. Tercatat 400 guru lebih yang mengkuti workshop online melalui media zoom, dipandu dosen Nobel lainnya, Indrawan Azis.Kegiatan diisi dengan kelas online 3 jam setiap hari dan pendampingan mandiri selama 5 jam.

Ketua LP2M STIE Nobel, Fitriani mengatakan, kegiatan digelar mengingat pandemi Covid – 19 telah memberikan dampak yang signifikan kepada dunia pendidikan, khususnya melalui pembelajaran jarak jauh.

“Kami menjawab tantangan ini, dengan membantu guru-guru mengenal aplikasi edmodo, sebuah platform learning management system untuk memudahkan proses belajar mengajar,” ujarnya.

Ditambahkannya, workshop sebagai perwujudan pengabdian masyarakat yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam penggunaan aplikasi pembelajaran onlone, khususnya edmodo.

Fasilitator workshop, Agunawan mengatakan, edmodo dapat membantu guru dalam membangun sebuah kelas virtual sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas, berdasarkan pembagian kelas nyata disekolah.

“Edmodo menyediakan cara belajar yang aman dan mudah untuk saling berkolaborasi, fiturnya sangat lengkap seperti: quiz, diskusi, agenda pembelajaran, tugasterstuktur, pemeriksaan tugas, dan pemberian/nilai pada setiap akhir pembelajaran,” tambahnya. (*)