Gempa Bumi Tektonik M 2.9 Mengguncang Kabupaten Luwu Timur Sulsel

Regional1 Views
banner 468x60

Online24jam, Luwu Timur, – Kamis, 23 Juli 2020, wilayah Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan diguncang Gempa bumi Tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 09:12:06 WITA berkekuatan M 2.9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.69 LS dan 121.32 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 Km Timur Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada kedalaman 7 km.

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si, menjelaskan, Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Soroako yang berdekatan dengan pusat episenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan getarannya oleh beberapa orang di Soroako Luwu Timur.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.” ujar Darmawan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.” imbaunya.

Informasi yang pasti silahkan kunjungi situs resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *