Etika yang Perlu Dijaga Saat Gunakan Zoom

Entreprenuer.

Online24jam, Makassar, – Anda tentu sudah tau apa itu Zoom. Ya, Zoom adalah sebuah aplikasi buatan perusahaan teknologi komunikasi Amerika Serikat yang berkantor pusat di San Jose, California. Yang menyediakan layanan perangkat videotelefoni dan obrolan daring berbasis P2P komputasi awan yang digunakan untuk telekonferensi, meeting jarak jauh atau belajar jarak jauh.

Tapi tahukah Anda, ternyata dalam melakukan Zoom rupanya juga butuh etika yang harus dijaga. Jangan mentang-mentang hanya di rumah atau di luar, Anda lakukan hal-hal yang dapat mengganggu atau merusak suasana pertemuan selama Zoom!!.

Dilansir dari Cnet, ada lima hal yang tidak boleh dilakukan selama Zoom berlangsung:

1. Mengetik atau mengeluarkan suara saat tidak dalam mode mute

Biasanya ada yang selalu ada lupa untuk mengaktifkan fitur mute dan tiba-tiba terdengar suara ketikan keyboard yang keras atau bersuara sehingga menganggu yang lainnya. Tentunya tidak hanya menganggu secara umum, tetapi juga tidak menghormati orang yang mencoba menyampaikan sesuatu ketika berbicara.

Olehnya untuk menghindari itu, sebaiknya mengaktifkan fitur mute otomatis. Buka Pengaturan > Audio > Bisukan mikrofon. Untuk mengaktifkan suara dengan cepat saat diperlukan, cukup tekan dan tahan bilah spasi ke bawah.

2. Makan, minum, atau merokok

Nah hal yang lebih kecil, yakni makan, minum, atau merokok selama video berlangsung adalah gangguan besar, terlebih lagi jika berada di kantor. Tentu kesannya tidak sopan.

Jika itu adalah pertemuan yang lebih santai, tidak masalah. Apalagi jika ada pejabat tinggi yang ikut dalam pertemuan tersebut.

3. Melihat ponsel atau laptop

Hanya karena pengguna berada di rumah, bukan berarti semua peserta tidak dapat melihat pengguna menatap ponsel alih-alih memperhatikan video meeting. Jauhkan ponsel pengguna dalam posisi terbalik agar pengguna tidak tergoda untuk melihatnya.

Memalingkan muka dari kamera ke konten lain di laptop atau monitor juga cukup terlihat jelas dan itu bukan sesuatu yang baik. Minimalkan tab lain dan fokus pada pertemuan atau nonaktifkan kamera jika pengguna tidak dapat memberikan perhatian penuh kepada pembicara.

4. Pergi tanpa alasan

Jika pengguna perlu pergi dan meninggalkan tampilan layar karena alasan apapun, seperti ke kamar mandi, beri tahu orang lain jika bisa, baik secara lisan atau dalam opsi obrolan. Dengan begitu, pengguna tidak terlihat seperti menghilang begitu saja tanpa alasan.

Jika tidak, lebih baik mengangkat jari untuk menunjukkan “1 menit” dan mematikan kamera video sampai pengguna kembali ke panggilan.

5. Mengarahkan kamera ke sudut yang aneh

Kamera web bisa menjadi rumit. Pengguna mungkin mengira laptop telah dalam posisi yang baik di atas meja, tetapi semua peserta obrolan dapat melihat sudut berbeda.

Hindari hal ini dengan menopang bagian bawah laptop agar telihat lebih tinggi atau sejajar dengan mata atau setengah badan.

Termasuk jangan lakukan hal hal aneh lainnya misalnya dengan angkat kaki, baring baring santai dan sebagainya. Hindarilah hal yang tidak boleh dilakukan selama panggilan Zoom berlangsung untuk menjaga perilaku terpuji atau sikap sopan santun kepada sesama peserta.