Anir Bagi-bagi Masker dan Beli Alat Rumah Tangga di Pasar Pangkajene

Online24, Pangkep – Calon Bupati Pangkep nomor urut 4, Andi Nirawati bagi-bagi masker untuk pengunjung dan pedagang di Pasar Pangkajene, Minggu (4/10/2020).

Mengenakan baju khas oranye, Anir, sapaan akrabnya, menyapa satu per satu warga yang menyambut kedatangan calon bupati perempuan ini.

“Bagaimana kabar ta bapak, ibu? Semangat Ki, semoga lancar usaha ta,” kata wanita kelahiran Labakkang ini kepada pedagang pasar.

Sambil berjalan, Anir memberi masker kepada masyarakat yang tidak mengenakan masker. Dari pengunjung pasar, pedagang, sopir, tukang ojek, tukang bentor hingga tukang becak.

Anir tidak mau ketinggalan momen ini. Kata dia, sudah sepatutnya seorang pemimpin itu dekat dan mengenal masyarakatnya serta menjadi pelayan. Hal ini yang melatarbelakangi alumni HMI Makassar ini rela berjalan menyapa masyarakat Pangkep.

Calo bupati yang satu ini memang menarik banyak perhatian masyarakat Pangkep, apalagi kaum perempuan karena keberaniannya maju dalam perhelatan Pilkada Pangkep.

“Alhamdulillah tadi sudah keliling Pasar Pangkajene, ya seru. Ketemu banyak warga di sini. Lumayan capek juga karena sejak pagi sudah door to door. Habis mi tenagaku, tapi tetap semangat” kata Anir sambil tertawa kecil.

Tak selang berjalan kaki, politisi Gerindra ini singgah di sebuah kios perlengkapan rumah tangga.

Zainuddin Anis pemilik toko, kaget bukan main. Dia mempersilakan perempuan 43 tahun itu yang ingin membeli peralatan rumah tangga.
Anir kemudian berbincang-bincang dan bertanya pada Zainuddin.

“Gimana pak rasanya didatangi calon bupati?” tanya Anir ke Zainuddin.

Zainuddin pun merasa bersyukur karena tokonya didatangi calon bupati perempuan ini.

“Alhamdulillah, senang sekali. Baru pertama kali ini ada calon bupati datang ke sini dan langsung belanja sendiri. Sebelumnya tidak ada. Pertama kalinya juga calon perempuan ini, semoga duduk ki bu. Dari dulu laki-laki ji, saatnya sekarang perempuan,” kata Zainuddin di hadapan Anir.

Selain itu, Zainuddin juga mengapresiasi langkah Anir yang memilih berbelanja di pasar dibanding mall.

“Bagus caranya, karena belanja ji di pasar. Ketimbang di mall. Karena kalau di pasar perputaran uangnya di situ ji, tidak jauh. Pedagang lokal juga sejahtera. InsyaAllah menangki,” ungkap Zainuddin.

Anir menjelaskan, dirinya memang kerap belanja di toko-toko lokal dan juga pedagang-pedagang lokal.

Hal itu diutarakannya, untuk memperkuat pedagang lokal, UMKM dan membuat akumulasi rupiah terus berputar di wilayah setempat.

“Kita harus support pedagang lokal dan UMKM agar bertahan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum selesai. Jadi kalau belanja jangan cari yang jauh-jauh cukup pedagang lokal. Banyak kok kualitasnya bagus-bagus. Biar uang berputar di situ, tidak jauh-jauh,” terang istri Anggota DPR RI, Kamrussamad.

Dari toko Zainuddin, perempuan pendiri Komunitas Ibu Cerdas Indonesia Sulsel ini membeli alat rumah tangga, seperti karpet, sendok, gelas dan beberapa perkakas rumah tangga lainnya.

Hal itu lanjut dia, sejalan dengan program prioritas Anir-Lutfi dalam bidang ekonomi.

Sebagaimana diketahui, jika terpilih nantinya, Anir-Lutfi bakal memberikan bantuan usaha modal, bentuknya bukan pinjaman tapi bantuan kepada masing-masing KK dan juga kepada pedagang kecil atau UMKM.

Cabup-cawabup nomor 4 ini siap mengembangkan UMKM yang mandiri dengan pemberian dana stimulus sebesar Rp 5 Juta per tahun bagi 1.000 UMKM.

Selain itu, menciptakan wirausaha kaum muda dan milenial dengan workshop dan pendampingan; melakukan pemberdayaan pengusaha lokal melalui partisipasi dalam penyerapan APBD.

Penyediaan sarana Wi-FI untuk industri rumahan, membuat festival tahunan ekonomi kreatif; pemberian paket keluarga sejahtera pengembangan ekonomo senilai Rp10 juta per KK. (*)