HUT ke-75 TNI, Pjs. Bupati Lutra Sambangi Markas Kodim 1403/Sawerigading

Online24, Luwu Utara – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, melakukan pertemuan silaturahmi dengan Dandim 1403/Sawerigading Letkol Inf Gunawan, Senin (5/10/2020), di Markas Kodim 1403/Sawerigading, jalan Balaikota Kecamatan Wara, Kota Palopo. Iqbal didampingi Kasatpol PP Asir Suhaeb dan Kepala Badan Kesbangpol Enyon.

Iqbal tiba di Markas Kodim 1403/Sawerigading pukul 11.30 wita dan disambut Dandim Letkol Inf. Gunawan. Ini kunjungan perdana Iqbal ke Markas Kodim 1403/Sawerigading sejak bertugas sebagai Pjs Bupati Lutra. Pertemuan berlangsung santai. Iqbal disuguhi nasi tumpeng oleh Dandim sebagai wujud sinergi antara TNI dan Pemda sekaligus merayakan HUT ke-75 TNI.

“Pertemuan tadi hanya silaturahmi karena hari ini adalah HUT ke-75 TNI,” kata Iqbal usai bertemu Dandim. Dia menjelaskan, kunjungannya tersebut adalah bagian dari upaya meningkatkan kerjasama dan sinergi antara Pemda Lutra dan TNI dalam melayani masyarakat yang saat ini diperhadapkan pada situasi pelik, pandemi virus corona atau Covid-19.

“Kita berharap ada sinergi yang terbangun antara TNI dan Pemerintah, karena biar bagaimana pun, dalam kondisi seperti ini fungsi-fungsi kerjasama jauh lebih penting untuk kita lakukan. Makanya kita berharap sinergi ini betul-betul kita laksanakan bersama dengan aparat TNI, dan juga Polri tentunya, terutama menyinkronkan seluruh program yang ada,” jelas dia.

Senada Iqbal, Dandim Letkol Inf Gunawan juga mengutarakan hal yang sama. Menurutnya, sinergi dengan pemda dan polri wajib dilakukan dalam rangka menjaga kekompakan di antara ketiga instrument negara tersebut. “Sinergi TNI, pemerintah dan polri, harus terus kita jaga. Biar masyarakat juga semakin menerima kehadiran kita dengan baik,” kata Gunawan.

Dia mencontohkan, operasi yustisi penegakan protokol kesehatan Covid-19 yang saat ini tengah giat-giatnya dilakukan di lapangan oleh Pemerintah, TNI, dan Polri, adalah bagian dari sinergi dan kolaborasi yang terbangun dengan baik. “Kita akan ada program operasi yustisi penegakan protokol kesehatan. Di situ ada Satpol PP bersama TNI dan Polri,” tandas dia.