Perbaikan Irigasi Jadi Program Prioritas Anir-Lutfi di Pangkep

Online24, Pangkep – Kelompok tani di Kampung Kacengpureng, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Pangkep, mengaku sangat membutuhkan program Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi) di bidang pertanian. Ketua kelompok tani, Puang Madde mengungkapkan, program Anir-Lutfi cocok diterapkan di Pangkep.

“Kalau petani di sini, soal pertamanya itu bibit, kedua pupuk. Kurang sekali persediaannya. Susah sekali bibitnya, paling utama itu,” keluh Puang Madde kepada Andi Nirawati, Senin (5/10/2020).

Tokoh masyarakat setempat, Andi Ahmar menambahkan, petani di derahnya juga membutuhkan pengairan atau irigasi persawahan. “Bibit, pupuk dan pengairan atau irigasi sawah. Saya pikir Anir-Lutfi sudah merampungkan dalam program prioritasnya jadi sangat cocok diterapkan di sini,” kata Ahmar.

Andi Nirawati merespon, sektor pertanian harus mendapat perhatian khusus. Apalagi, sangat banyak warga Pangkep yang menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian.

Salah satu program prioritas Anir-Lutfi di bidang pertanian, yakni menjamin ketersediaan pupuk melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pihaknya bakal menjamin keberadaan bibit dan pupuk dari program KUR.

“Jika butuh bibit atau pupuk akan diberikan, bukan berupa uang tapi barang melalui Kredit Usaha Rakyat dengan bibit atau pupuk kualitas bagus dengan harga pasar. Begitupun pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi. Memberikan bantuan bibit berkualitas secara gratis. Pemberian modal ke Perusda agar Perusda membeli hasil panen petani saat pesta panen,” kata wanita asli Labakkang ini.

Selain membantu petani dengan KUR, Anir-Lutfi juga siap memberikan bantuan alat mesin tani (alsintan) yang berkualitas, pengembangan komoditi unggulan di setiap kecamatan, pemberian bantuan hewan ternak unggas (bebek) bagi keluarga tidak mampu secara berkelanjutan, dan memberikan bantuan sumur bor untuk membantu petani padi dan jeruk pada musim kemarau.