Dandang Jadi Ciri Khas Pasar Kalimbu, Ini Alasannya

Online24jam, Makassar, – Saat Anda bertandang ke Pasar Kalimbu, sepintas lalu tentu tak ada yang istimewah. Seperti pasar pada umumnya hanya didapati pedagang yang berjualan sayur mayur dan kebutuhan lainnya.

Tapi sadarkah Anda jika di Pasar Kalimbu ada dagangan yang tidak ditemukan di beberapa pasar lainnya. Yakni penjualan Dandang. Ya, dandang yang terbuat dari aluminium atau stainless. Merupakan sebuah wadah yang biasanya digunakan untuk menanak nasi atau merebus. Biasanya juga kita temukan digunakan oleh pedagang bakso, bassang atau es putar dan banyak lagi.

Di pasar Kalimbu, keberadaan pengrajin dandang ini sudah tidak asing lagi bagi pedagang lainnya. Bagaimana tidak, pedagang dan pengrajin dandang ini sudah beranak pinang membuka usaha tersebut di Pasar Kalimbu. Bahkan pemasarannya pun sampai ke luar sulawesi dan soroako.

Jaelani pria berusia 50 tahun warga asal Kabupaten Bone adalah salah seorang pengrajin yang kami temui. Ia menuturkan sejak lama ia membuka usaha tersebut yang dipelajari dari peninggalan orangtuanya yang sudah ada sejak tahun 70 an di pasar itu.

“Usaha ini sudah lama saya geluti pak. Awalnya cuma ikut sama orangtua yang pertama buka usaha begini (dandang) di pasar Kalimbu.” tuturnya.

Diakui bahwa usaha tersebut memang hanya ada di Pasar Kalimbu. Dibanding beberapa pasar lainnya di Makassar. Ia mengaku dari hasil usaha itu mereka juga bisa membiayai dua orang tenaga kerjanya.

Beberapa contoh dandang hasil pengrajin di Pasar Kalimbu, terbuat dari Aluminium dan Stainless. 

Sementara Kepala Unit Pasar Kalimbu, Amos Tameng mengatakan sejak ia menjabat di pasar Kalimbu pengusaha dadang ini memang sudah ada. Dan inilah yang menjadi ciri khas pasar Kalimbu.

“Iye, inilah ciri khas kami di Pasar Kalimbu. Karena pasar lain itu tidak ada pengrajin dandangnya.” jelas Amos.

Yang menarik menurut Amos, karena dandang itu dikerjakan secara manual dengan peralatan seadanya. Dan dikerja secara sederhana.

“Sederhana sekali cara kerjanya dan satu dandang itu cukup singkat kerjanya langsung jadi. Tapi kualitasnya cukup kuat.” pungkasnya.

Nah, Anda yang ingin melihat proses pembuatannya silahkan datang ke Pasar Kalimbu tak jauh dari traffic light jln Veteran Utara perpatan Jln. Gunung Bawakaraeng. Tepat di pintu gerbang Pasar Kalimbu.