Tak Hanya Paham Birokrasi, Andi Toto Juga Ternyata Jago Bernyanyi

Online24, Maros – Tak banyak yang tahu jika HA Harmil Mattotorang (Andi Toto) punya sisi humanis. Natural tanpa ada kesan dibuat-buat untuk pencitraan pencalonannya. Semuanya mengalir apa adanya.

Itu jelas terlihat kala Andi Toto sedang asyik menyanyikan lagu disebuah pertemuan di Padang Sessere, Bandara Lama, Kelurahan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros.

Sama sekali tak ada settingan atau bidikan kamera photografer khusus yang standby untuk memotretnya. Ia santai dan terlihat begitu menikmati lagu yang iya bawakan dan diiringi lantunan nada piano sederhana.

Seolah larut dalam petikan nada, paslon nomor urut 3 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maros 2020 ini, dikenal tenang, santai dan tak ada ciri yang menunjukkan bahwa dirinya juga piawai bernyanyi.

Pemain musik nampak dengan gembira saat mendengar suara Andi Toto. Berdiri santai dengan sedikit menggoyangkan badan. Tidak sampai disitu saja, suara dari wakil Bupati Maros Hatta Rahman ini, ternyata menarik perhatian warga sekitar.

Tak sedikit orang yang mengabadikan momentum langka tersebut. Termasuk beberapa kerabat dekat Andi Toto yang merekam dan memotret secara diam-diam tanpa sepengetahuan pemilik tagline Maros Unggul itu.

“Ternyata asyik juga orangnya puang Toto,” tutur salah seorang warga kala menikmati lagu yang dibawakan calon Bupati Maros itu.

Usai bernyanyi ia pun beranjak menuju mobil untuk pulang sambil menyempatkan melayani permintaan warga untuk foto bersama, sambil mengangkat tangan dengan simbol 3 jari. Warga juga sesekali bersorak coblos nomor 3 Maros Unggul.

Menurut rekan separtainya M Kuddus, Andi Toto memang kerap kali disela-sela waktu istirahat dari kesibukannya mendampingi Hatta Rahman dalam membangun Maros selama 2 periode, bernyanyi santai.

“Memang beliau suka nyanyi. Kadang kala kita dengar beliau nyanyi-nyanyi meski tidak diiringi musik,” kata Kuddus. (*)