Reses di Pinrang, RMS Dapat Masukan dari Masyarakat Soal Pertanian

Online24, Pinrang – Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Rusdi Masse Mappasessu kembali melakukan tatap langsung dengan konstituennya di Kabupaten Pinrang, Sulsel. Salah satu daerah yang masuk dalam wilayah daerah pemilihannya (dapil) pada Pileg 2019 lalu.

Tatap muka Rusdi Masse dengan warga ini adalah reses, agenda untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya. Beragam masukan atau aspirasi disampaikan warga kepada Ketua DPW NasDem Sulsel tersebut dalam reses yang digelar di ‘Rumah Aspirasi RMS’ di Jalan Serigala, Kelurahan Maccorawalie, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Jumat (16/10/20200).

Reses tetap mengedepankan keselamatan warga dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut berlangsung penuh keakraban serta kekeluargaan.

Dari pantauan, RMS, begitu panggilan dekat Rusdi Masse yang juga merupakan Ketua DPP NasDem Bidang Organisasi, Keanggotaan & Kekaderan (OKK) di awal-awal reses tersebut banyak berbicara mengenai pertanian. Pasalnya, warga yang datang diketahui berasal sebagian besar berlatarbelakang sebagai petani.

Mewakili warga, Mirwan Kadir Miru mengemukakan para petani di Pinrang masih mengalami sejumlah kendala. Diantaranya, soal ketersediaan pupuk. “Kami sama sekali tidak pernah ragukan kepeduliaan Pak Rusdi Masse khususnya kepada para petani. Kami sangat yakin masukan atau aspirasi dari kami para petani bisa terealisasi,” ujar Mirwan yang duduk di kursi bagian tengah tersebut.

Sektor pertanian memang menjadi perhatian tersendiri bagi mantan Bupati Sidrap dua periode itu. Apalagi dapil ia terpilih yakni Sulsel III sebagian besar menjadikan sektor pertanian sebagai penyumbang utama perekonomiannya. Kabupaten Pinrang dan Sidrap diantaranya.

Di depan warga, pria kelahiran 3 Maret 1973 tersebut memiliki komitmen agar bermanfaat untuk semua. Baik saat masih menjadi kepala daerah hingga anggota DPR RI sekarang ini.

Melalui kesempatan ini, kata Wakil Ketua Banggar DPR RI itu, sampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa apa yang menjadi keluhan, kekurangan, agar kita mengatasi masalah bersama-sama. Khususnya sektor pertanian di Pinrang. “Insyaallah, kita atasi bersama-sama persoalan yang ada ini,” ujarnya.

Menurut dia, ketika sejumlah sektor perekonomian mengalami kontraksi atau penurunan pertumbuhan di masa pandemi, sektor pertanian justru meningkat. “Kenapa, karena sektor ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar RMS.

“Tentu kita ingin seiring bertumbuhnya sektor pertanian, juga bisa berbanding lurus dengan peningkatan para petani di lapangan,” sambung Rusdi Masse yang sekarang ini duduk sebagai anggota Komisi IV DPR RI.

Asal ditahu, saat menjadi Bupati di Sidrap, di sektor pertanian Rusdi Masse juga memberikan perhatian khusus. Selain meningkatkan sarana pertanian, modernisasi pertanian juga terbukti mampu mengangkat pendapatan masyarakat Sidrap. Kepekaan dan kepedulian RMS inilah yang menjadikannya hingga dua periode memimpin Sidrap sudah berhasil meraih ratusan penghargaan.

Pada kesempatan itu, Rusdi Masse juga menyinggung terkait penanganan Covid-19. Jika dihitung ke belakang, sudah lebih dari 6 bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia yang tak kunjung reda.

Akhirnya pada beberapa minggu kebelakang, kata Rusdi Masse, pemerintah sedang berupaya untuk melakukan pengadaan vaksin dari luar negeri untuk diberikan kepada pasien yang menderita Covid-19.

“Jadi sudah ada Perpresnya tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka respon cepat Pemerintah dalam penanggulangan Pandemi Covid-19.

Saya minta kepada warga agar penanganan pandemi ini percayakan kepada pemerintah. Tinggal patuhi saja dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya. (*)