Permudah Akses Permodalan Nelayan, Pemda Lutra Intensifkan Sosialisasi

Online24, Luwu Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, melalui Dinas Perikanan, terus menghadirkan pelayanan yang optimal kepada para pelaku perikanan atau nelayan. Salah satunya dengan mempercepat akses permodalan bagi para nelayan.

Dengan menggandeng Perbankan, Dinas Perikanan Luwu Utara terus berupaya menghadirkan kemudahan kepada para nelayan untuk dapat mengakses kredit di bank-bank yang ada sebagai modal usaha yang bermuara pada kesejahteraan nelayan itu sendiri.

“Kabupaten Luwu Utara punya banyak potensi dalam dunia wirausaha, tapi biasanya selalu terkendala dalam masalah permodalan,” kata Pjs Bupati Lutra Iqbal Suhaeb, saat membuka Sosialisasi Percepatan Akses Kredit bagi Kelompok Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan, Sabtu (24/10/2020),di Desa Munte Kecamatan Tanalili.

Menurutnya, masyarakat selalu terkendala dalam pemenuhan syarat administrasi pengurusan modal usaha, terutama KUR. Untuk itu, melalui sosialisasi ini, masyarakat diharapkan bisa dengan mudah mengakses kredit untuk pemenuhan usahanya.

“Kegiatan pada hari ini patut kita syukuri, karena Dinas Perikanan bekerjasama dengan Perbankan dapat memberikan sosialisasi kepada kita semua tentang skema-skema kredit yang bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha,” tandasnya.

Sebelumnya, Kadis Perikanan, Muharwan, membeberkan bahwa pada 2018, Pemda telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa Perbankan, dalam rangka mempercepat akses kredit yang tersedia di bank-bank nasional di Lutra.

“Kita memiliki ±8.000 rumah tangga yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan. Desa ini pula menjadi salah satu desa yang warganya banyak mengakses KUR. Akses kredit ini dapat membantu dalam pembudidayaan dan pengelolaan hasil perikanan,” paparnya.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Utara, Ny. Murni Djamaluddin Iqbal, Camat Tanalili Isa Ansari, Perwakilan Kantor Cabang (Kancab) Dinas Perikanan Luwu Raya dan Toraja, serta perwakilan dari Bank Sulselbar.