Debat Terakhir, KPU Tana Toraja Siapkan Tim Penjemput Paslon

News, Regional21 Views
banner 468x60

Online24, Toraja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja menyiapkan trik khusus untuk menerapkan protokol kesehatan pada pelaksanaan debat publik terakhir, Selasa (1/12/2020). Mengantisipasi kehadiran para pendukung pasangan calon (Paslon) dalam jumlah besar di lokasi debat, pihak KPU Tana Toraja menyiapkan tim penjemputan bagi para paslon.

Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa menjelaskan bahwa pihaknya menempuh langkah ini sebagai upaya penerapan protokol kesehatan secara menyeluruh saat pelaksanaan debat. “Jadi penerapan protokol kesehatan bukan hanya di dalam gedung tapi juga di luar lokasi pelaksanaan debat,” terangnya.

Rizal menambahkan, “Kami menyiapkan tim serta kendaraan untuk menjemput ketiga paslon di posko mereka masing-masing dan selanjutnya mengantar mereka ke lokasi debat. Jadi kami menyiapkan dua kendaraan untuk menjemput para paslon. Tiap paslon akan didampimgi oleh empat anggota tim dan dua anggota pengawalan.”

Menurutnya, langkah ini juga untuk meminimalisir terjadinya gesekan antar pendukung paslon. Rizal berharap agar debat kedua ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

“Aman atau tidaknya kegiatan ini kembali pada kita semua. Dan yang tak kalah pentingnya, mari jaga kesehatan, jaga jarak dan tetap menjalankan protokol kesehatan,” papar mantan jurnalis SCTV ini.

Debat publik terakhir Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja digelar di Hotel Metro Permai, jalan Poros Makale-Rantepao, Kecamatan Makalae Utara, Selasa (1/12/2020), pukul 14.00 Wita. Sebelumnya, debat publik pertama digelar bulan Oktober lalu di Kecamatan Bittuang.

Rizal menambahkan bahwa pada debat kedua ini, pihaknya menghadirkan konsep ala debat Pemilihan Presiden Amerika Serikat. “Konsep panggung hingga podium moderatornya kami design ala debat Pilpres Amerika. Pesan yang kami ingin sampaikan adalah, meski digelar di daerah namun kami tetap bisa menghadirkan konsep berbasis teknologi modern,” jelasnya.

Pada debat sesi terakhir ini, Dr Hasrullah akan bertindak sebagai moderator. “Selain itu ada juga lima panelis dari berbagai disiplin ilmu,” papar Rizal.

Pilkada Tana Toraja yang digelar Desember nanti diikuti tiga pasangan calon (Paslon). Paslon nomor urut 1 yakni Theofilus Allorerung dan dr Zadrak Tombeq Sp.A. Paslon nomor urut 2 yakni Ir Nicodemus Biringkanae dan Viktor Datuan Batara SH. Sementara paslon nomor urut 3 yakni Drs Albertus Patarru Ak, MM dan Drs John Diplomasi.

Debat publik terakhir Pilkada Tana Toraja disiarkan secara langsung dan dapat disaksikan di channel youtube KPU Toraja, Tribun Timur serta seluruh jaringan tv kabel yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara mulai pukul 14.00 Wita. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *