Prajurit Lanud Hasanuddin Gelar Latihan Survival Dasar

dprd-makassar

Online24, Maros – TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin menggelar Latihan Survival Dasar tahun 2021. Kegitan ini resmi di buka oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto di Hanggar Skadron Udara 5 Kamis, (28/1/2021).

Dirlat Mayor Pnb Bambang Baskoro Adi mengatakan, Kegiatan latihan survival dasar merupakan kegiatan tahunan TNI-AU Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangka membina seluruh personil terutama air crew dalam melaksanakan dan menjaga profisiensi dalam kondisi emergency.

“Ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan seluruh personil utamanya pilot dan crewnya. Ini juga merupakan bagian dari upaya pembinaan sumber daya manusia (SDM) agar profesionalisme dalam menghadapi situasi darurat dan kemampuan yang harus dimiliki setiap prajurit TNI AU,” katanya.

Dalam kegiatan ini yang terlibat sekitar 40 personil dan ada pula personil pendukung sekitar 80. Adapun personil yang terlibat diantara dari skadron Udara 5, Skadron 11 dan Skadron 33 ditambah skadron teknik 044 dan beberapa staf TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin.

Menurut Baskoro, Tahun ini Latihan Survival Dasar ditengah pandemi sedikit berbeda. Hal tersebut sedikit mengurangi beberapa bentuk pelatihan tapi tidak mengurangi esensi latihan bagi personilnya.

“Biasanya kita lakukan di daerah kabupaten Takalar yang sedikit terbuka dan sekarang kita laksanakan di area Lanud saja karena kita pertimbangkan lagi demi mengurangi interaksi, tetapi sekali lagi bagi personil kita tetap menjaha esensi latihan agar maksimal,” tuturnya

Ia berharap agar personil yang ikut melaksanakan kegiatan latihan survival dasar ini dengan sungguh-sungguh tanpa mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan.

(Achmad)

Pemkot Makassar