Ketua DPRD Kota Makassar Dorong Pelantikan Walkot Makassar Tanpa Tunggu 17 Februari

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo
dprd-makassar

Online24jam, Makassar – Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo telah menyerahkan surat pengesahan dan pengangkatan Wali Kota-Wakil Wali Kota terpilih Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse ke Gubernur Sulsel. Jumat (29-01-2021)

Usai menyerahkan berkas tersebut, Rudi sapaan akrbanya, juga mendorong agar Danny-Fatma segera dilantik tanpa menunggu pelantikan serentak 17 Februari mendatang.

Surat Keputusan tersebut dikeluarkan DPRD Kota Makassar dengan Nomor 1/DPRD/I/2021 tentang Pengesahan, Pengangkatan Danny-Fatma sebagai walkot-wawallkot terpilih untuk Gubernur Sulsel yang selanjutnya akan diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Semoga bisa segera diproses di Kemendagri. Kalau sudah dikirim ke Kemendagri kita tinggal menunggu SK dari Menteri Dalam Negeri untuk pengangkatan Pak Danny sebagai wali kota, dan Ibu Fatma sebagai wakil wali kota.” kata Rudi.

Rudi juga menjelaskan, pelantikan Danny-Fatma tidak perlu menunggu dan berbarengan kepala daerah terpilih lainnya di Sulsel. Sebab masa periode wali kota Makassar definitif dengan kepala daerah lainnya berbeda.

“Logikanya, Makassar bisa lebih cepat, karena periode sebelumnya sudah berakhir di 13 Mei 2019, sudah 21 bulan lewatnya, itu yang kami minta,” tegasnya.

Harapannya, dengan adanya wali kota terpilih, ini harus segera diproses dan dilantik tanpa menunggu pelantikan serentak tanggal 17 Februari.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menegaskan bahwa ia tidak punya kewenangan untuk mempercepat dan memperlambat pelantikan Danny-Fatma.

Pemkot Makassar