Ikuti Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Secara Virtual, Kadis Daud Kahal: Kita Harus Kompetitif Hadapi Peradaban Bangsa

Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis 20 Mei 2021 pagi (Ist)
dprd-makassar

Online24, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis 20 Mei 2021 pagi.

Adapun upacara Harkitnas tahun ini mengusung tema “Bangkit, Kita Bangsa Yang Tangguh” ini turut diikuti Pj Sekda Bulukumba Ir. A. Misbawati A Wawo, para Kepala OPD, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, Camat serta diikuti seluruh jajaran Diskominfo Bulukumba.  Meski digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol Kesehatan yang ketat, namun peringatan tersebut tetap berlangsung secara khidmat.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI,  Johny G Plate selaku inspektur upacara menyampaikan, pada era pra kemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah serta mampu menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa.

“Makna kebangkitan nasional seyogyanya diarahkan menjadi faktor pemandu untuk mengembangkan demokratisasi di segala bidang, mewujudkan keadilan, menegakkan hukum, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” ucap Menkominfo saat memberikan amanat upacara.

Lanjut Johny G Plate menuturkan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional bukan hanya sekedar ritual untuk mengenang perjuangan dan kejayaan masa lalu, namun harus mengejawantahkan semangat yang telah dirilis pejuang di masa lalu dalam praktik berbangsa dan bernegara.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. Bangkit, Kita Bangsa Yang Tanggung,”tandasnya.

Menkominfo juga menambahkan bahwa kita semua harus tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19.

Salah satunya peluang yang bisa dimanfaatkan masyarakat kata Johny yaitu bisnis dagang berbasis digital yang saat ini diproyeksikan tumbuh 33,2 persen  dibandingkan dari tahun sebelumnya yakni 253 triliun menjadi 337 triliun di tahun 2021.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bulukumba Drs. H. M. Daud Kahal M.Si mengatakan bangsa Indonesia saat ini telah memasuki revolusi industri 4.0 dalam perkembangan teknologi informasi.

Di dalam proses tersebut kata dia Presiden RI telah menginstruksikan tentang digitalisasi pemerintahan pusat maupun daerah, sehingga hal tersebut merupakan bentuk dinamika yang patut mendapat tanggapan sebagai salah satu bentuk kemajuan peradaban.

“Ini tentu adalah sebuah  bentuk dinamika yang patut kita respon oleh karena ini menjadi bagian dari pada kemajuan zaman yang mau tidak mau harus kita masuk kedalam era tersebut,”ucap Daud Kahal.

Selain itu, Daud Kahal juga menambahkan sebagai respon terhadap proses tersebut maka tentu harus disiapkan sumber daya yang bisa digunakan  untuk memanfaatkan era digitalisasi saat ini.

“Kita harus bersiap menghadapi perkembangan teknologi tersebut dan kita harus bisa kompetitif memanfaatkan untuk meraih kemajuan peradaban bangsa dan negara,”bebernya.

“Itu tugas kami di Kominfo untuk mendorong penggunaan teknologi melalui program dan kegiatan yang ada di Dinas Kominfo dan Persandian,”tutup Daud Kahal.

Pemkot Makassar