Kelola Fulfillment Hingga Distribusi Produk Berbasis Digital, Kalla Logistics Jalin Kerja Sama Dengan LODI

Penyerahan dokumen kerja sama antara Kalla Logistics dan Logistik Digital (LODI) Indonesia yang digelar di Kantor Kalla Logistics, Jl Perintis Kemerdekaan Km 16 No. 24 Daya, Kamis (15/7/2021).
dprd-makassar

Online24, Makassar – Kalla Logistics bersama Logistik Digital (LODI) Indonesia telah meneken perjanjian kerja sama untuk pengelolaan operasional fulfillment hingga pendistribusian produk di area Sulawesi Selatan. Kedua belah pihak juga berkomitmen dalam upaya menekan biaya logistik untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada customer.

Penyerahan dokumen kerja sama antara COO Kalla Transport & Logistics, Andi Muhammad Gunawan dengan manajemen LODI Indonesia digelar di Kantor Kalla Logistics, Jl Perintis Kemerdekaan Km 16 No. 24 Daya, Kamis (15/7/2021). Acara ini disaksikan langsung oleh CEO Group Operation Kalla Automotive Transport & Logistics, Hariyadi Kaimuddin. Turut disaksikan pula Founder & CEO LODI Indonesia, Yan Hendry Jauwena beserta jajaran direksi LODI secara virtual.

Adapun model kerja sama antara Kalla Logistics dan LODI Indonesia, tujuan awalnya adalah penyediaan jasa fulfillment atau tempat penyimpanan produk sementara yang berasal dari supplier sebelum dikirim ke customer. LODI memanfaatkan aset warehouse yang dimiliki Kalla Logistics yang juga berlokasi di Daya, Kota Makassar. Keunggulan operasional fullfillment ini ialah sudah dikelola berbasis digital, mulai dari quality check, packing hingga pengelolaan data secara real-time.

Melihat keunggulan layanan distribusi Kalla Logistics, LODI Indonesia juga sepakat untuk mengembangkan kerja sama dalam pendistribusian produk. Oleh karena itu, Kalla Logitics pun ditunjuk sebagai distributor resmi produk-produk yang dikelola LODI Indonesia untuk area Sulawesi Selatan. Beberapa contoh produknya, seperti barang-barang smart family, kosmetik serta berbagai kebutuhan rumah tangga.

“Senang sekali rasanya bisa bekerja sama dengan LODI. Memang saat ini eranya kolaborasi dan sinergi. Kalau kita mau tumbuh dan berkembang, saya pikir itulah jalan yang terbaik. Dimana kita bisa sama-sama saling mengisi, resource apa yang kita miliki di sini bisa disinergikan dengan apa yang sudah dimiliki LODI,” ungkap Hariyadi Kaimuddin, CEO Group Operation Kalla Automotive Transport & Logistics.

Ia mengungkapkan, Kalla Logistics juga sudah memilki pengalaman panjang dalam mengelola bisnis logistik, meskipun dulunya hanya fokus melayani bisnis internal Kalla Group, khususnya Kalla Toyota. Namun, pada 2015, Kalla Logistics mulai membuka diri untuk melayani berbagai partner dan merek lain dan terus berkembang hingga kini.

“Kenapa kita serius di logistik? Salah satu alasannya karena tingginya biaya logistik di Indonesia dan kita terapanggil untuk berkontribusi me-reduce itu. Semoga kita bisa tumbuh dan berkembang besama serta lebih besar lagi ke depan melalui kerja sama ini. Selamat bekerja buat teman-teman di Kalla Logistics dan LODI. Semoga kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutur Hariyadi yang juga merupakan Marketing & Business Development Director Kalla Group.

COO Kalla Transport & Logistics, Andi Muhammad Gunawan, mengungkapkan Kalla Logistics sudah memiliki banyak experience dan resource yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Sulawesi dan Kalimantan. Ia pun berhadap kolaborasi bersama LODI Indonesia bisa terjalin lebih jauh lagi, khususnya pada operasional warehousing dan distribution.

“Kami saat ini sudah bekerja sama dengan Toyota Astra Motor untuk mendistribusikan spare part-nya ke cabang atau bengkel Hadji Kalla yang ada di wilayah Sulawesi. Saya pikir model bisnis dari LODI terlihat hampir sama dengan bisnis yang sudah kami layani. Hanya saja, nantinya sisa ditingkatkan dan ditambah teknologinya oleh LODI,” jelasnya.

LODI Indonesia sendiri merupakan salah satu perusahaan logistik berbasis teknologi yang berdiri sejak 2018. Di LODI, pebisnis/pelaku usaha bisa mengurus operasional lewat jasa fulfillment. Customer bisa menyewa gudang secara online, lengkap dengan SDM yang akan membantu mengurus produk dan orderannya. Selain itu, dapat pula memanfaatkan jasa pengiriman. LODI telah bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman terbaik di Indonesia.

“Kami sangat senang sebagai perusahaan start up rintisan bisa berkolasi dengan Kalla Group yang merupakan perusahaan besar. Tentunya kami bangga dan bersyukur dengan adanya kesempatan ini. Kami memang punya visi dan misi berkolaborasi untuk membangun ekosistem logistik di tanah air ini jadi lebih baik. Harapannya, kita bisa melayani masyarakat dengan menekan biaya logistik nantinya seperti yang Kalla Group harapkan. Bersama Kalla Logistics, kami yakin bisa menciptakan solusi bisnis yang ditunjang dengan logistik berbasis teknologi sehingga semakin memudahkan masyarakat,” Yan Hendry Jauwena, Founder & CEO LODI Indonesia.

Kalla Logistics pun selama ini telah hadir dengan keunggulan layanannya, yaitu layanan logistik terpadu yang membuat pengiriman produk menjadi lebih efisien. Seluruh tahapan distribusi, mulai dari shipment, car carrier hingga yard bisa dilaksanakan dengan layanan satu pintu sehingga biayanya pun bisa ditekan, bahkan hingga 20 persen. (*)

Pemkot Makassar