PAPPRI Sulsel Gelar Lomba Cipta Lagu Pop dan Penyanyi Daerah Sulsel, Hadiah 50 juta dan Masuk Dapur Rekaman

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Persatuan Artis, Penyanyi, dan Pencipta Lagu Republik Indonesia (PAPPRI) Sulsel, dalam waktu dekat akan menggelar lomba cipta lagu dan lomba nyanyi daerah.

Sekertaris PAPPRI Sulsel, Gen Hidayat mengatakan, kompetisi ini bertujuan untuk memberi ruang kepada para musisi daerah untuk terus berkiprah ditengah era globalisasi.

“Tujuannya kami ingin mengembangkan musisi daerah, kita memang sudah banyak memiliki lagu- lagu daerah, tapi belum bisa tersebar luas,” ujarnya.

Untuk itu, kegiatan ini mengusung tema “Konskurs Talent Cipta Lagu Pop Daerah dan Penyanyi Sulsel”. Sebagai wujud peningkatanan aktivitas dan kreativitas generasi muda terutama dalam bidang seni musik daerah.

Untuk peendaftarannya menurutnya, sudah dibuka sejak 5 Oktober lalu hingga 10 Desember mendatang. Adapun target peserta yang bisa mendaftar adalah mereka yang berusia 17 hingga 30 tahun. Dengan harapan adanya lomba seperti ini, lagu daerah di Sulawesi Selatan bisa makin berkembang dan menjadi tuan rumah.

“Kita berharap, apa yang kita lakukan ini bisa menjadi trigger kepada seniman atau masyarakat lainnya untuk memajukan lagu daerah,” harapnya.

Sementara Ketua DPD PAPPRI Sulsel, Mahdar Nur menjelaskan, agar masyarakat yang punya bakat dibidang seni tarik suara untuk turut sertadalam lomba tersebut.

“Kita berharap pada kegiatan ini masyarakat yang punya bakat agar ikut serta karena ini adalah event terbesar yang pernah diselenggarakan oleh PAPPRI Sulsel.” Pungkasnya.

Syarat Lomba Menyanyi
1. Warga negara Indonesia, usia 17-30 tahun.
2. Pria/Wanita sehat jasmani, rohani, dan berpenampilan menarik.
3. Belum pernah meraih predikat juara ditingkat nasional.
4. Membawakan 2 buah lagu pop daerah pilihan masing-masing peserta.
5. Peserta yang berminat wajib mendaftarkan diri yang disertai video rekaman suara dengan membawakan 2 buah lagu tersebut berikut tanpa diedit (Original Video).
6. Penampilan dalam video menggunakan pakaian yang sopan sesuai dengan adat dan budaye kita.
7. Yang lolos ke 30 besar akan dinilai langsung oleh dewan juri.
8. Dewan juri akan menilai dan memilih 10 peserta terbaik yang akan masuk “Grand Final” yang disiarkan langsung secara live (Tv, Streaming).
9. Ke 10 Peserta yang masuk “Grand Final” akan membawakan lagu pemenang cipta karya cipta melalui undian lagu yang dilakukan oleh panitia. 10. Jika memenuhi syarat dan kriteria dari perusahaan rekaman maka pemenang lomba akan masuk dapur rekaman.

Syarat Lomba Cipta Lagu
1. Warga negara Indonesia dan usia bebas.
2. Peserta wajib mengisi’formulir dan membuat surat pernyataan hak cipta dan kesediaan dipublikasi.
3. Lirik lagu wajib berbahasa Makassar/Bugis/Toraja/Enrekang/Luwu.
4. Lagu tidak boleh mengandung sara/pornografi.
5. Setiap peserta hanya dapat mendaftarkan 2 buah karya lagu.
6. Lagu ciptaan dapat dinyanyikan sendiri atau oleh orang lain.
7. Durasi lagu maksimal 5 menit termasuk credit title.
8. Lagu karya cipta dibuat dalam bentuk file WAV/Mp3 dan dikirim melalui email panitia dengan menyertakan sub title.
9. Juri akan menilai dan memilih 10 lagu terbaik yang akan masuk “Grand Final” secara virtual.
10. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Pemkot Makassar