Launching Program S.I.A.P QRIS di Pasar Kampung Baru, Causa Iman Karana; Implementasi dan Wujud Digitalisasi Pasar

Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Imana Karana menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada plt, Direksi Perumda Pasar Makassar, Thamrin Mensa.

Online24jam, Makassar, – Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersama Dinas Perdagangan dan Perumda Pasar Makassar Raya melakukan launching Piloting Program Pasar dan Pusat Belanja Sehat, Inovatif, Aman Pakai (SIAP) QRIS pada 13 Desember 2021 di Pasar Kampung Baru Makassar.

Launching piloting program SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru ini bersamaan 3 (tiga) mall, yaitu Mall Transmart, Mall Nipah dan Mall Panakukkang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Asisten II Pemkot Makassar, Mario Said.

Pada sambutannya, Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, menyampaikan Program SIAP QRIS merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan terkait penggunaan QRIS baik offline dan online pada pasar dan pusat perbelanjaan (mall) dalam upaya mendukung program Digitalisasi Pasar Rakyat.

“Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital dan implementasi QRIS, termasuk di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Untuk mewujudkan Digitalisasi Pasar melalui program SIAP QRIS,” Ujarnya.

Menurutnya untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergi dan komitmen dari berbagai pihak, yaitu Pimpinan Daerah dan jajaran Dinas terkait, perbankan serta asosiasi pengelola pasar dan pusat belanja.

Diakhir acara, Causa Imana Karana menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada Direksi Perumda Pasar Makassar. Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan Program Digitalisasi Pasar untuk memfasilitasi pembayaran non tunai menggunakan kanal pembayaran QRIS. Dan mengunjungi sejumlah lods dalam Pasar Kampung Baru.

Sebagaimana diketahui, Pasar Kampung Baru merupakan salah satu pasar di Makassar yang telah mengimplementasikan QRIS. Berkat Gagasan dari mantan Direktur Operasional Perumda Pasar, Saharuddin Ridwan. Dan tercatat hingga saat ini, telah lebih dari 80 pedagang pasar (90%) menerima pembayaran non tunai melalui QRIS. Pada kesempatan yang sama, Perumda Pasar Makassar Raya sudah me-launching terlebih dahulu aplikasi Baruga Pasar yang merupakan aplikasi daring untuk memasarkan produk pedagang pasar secara online.

Pemkot Makassar