Pantau Pengelolaan Limbah, Rusdi Masse Pimpin Komisi IV DPR-RI Berkunjung ke PT. Semen Tonasa

Pantau Pengelolaan Limbah, Rusdi Masse Pimpin Komisi IV DPR-RI Berkunjung ke PT. Semen Tonasa
dprd-makassar

Online24, Pangkep – Komisi IV DPR-RI melakukan kunjungan kerjanya di PT. Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua  Komisi IV DPR-RI, Rusdi Masse (RMS) ini, diterima oleh Bupati Pangkep Yusran Lalogau, bersama dengan Direktur Operasional Semen Tonasa,  Bambang Haryanto  beserta Direktur Keuangan Ginarto, Isnubroto, Minggu (20/02/2022).

Kunjungan kerja dalam rangka reses masa sidang III tahun 2021/2022 juga turut hadir Dirjen pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Racun Berbahaya, Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Pengendalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan.

Rusdi Massa bersama rombongan meninjau langsung lokasi produksi semen tonasa mengatakan kunjungannya ini untuk melihat langsung lokasi PT Semen Tonasa, bagaimana kelestarian alam di sekitarnya dan pengelolaan limbahnya. “Ini bagian kunjungan kerja masa reses kami di DPR – RI. Kami kesini ingin melihat langsung lokasi semen tonasa, bagaimana kelestarian alam di sekitarnya dan pengelolaan limbahnya,” kata Politisi dari Partai NasDem Itu.

Rusdi Masse menegaskan apa yang menjadi temuan dalam kunjungan tersebut akan menjadi bahan untuk dibahas lebih lanjut di DPR “Yang jelas kehadiran kami, bukan mencari kesalahan, tapi  bagaimana PT. Semen Tonasa ini berjalan terus untuk  kesejahteraan masyarakat, khususnya Kabupaten Pangkep dan Daerah Tetangga Maros dan Barru. Kalau ada yang kurang kita perbaiki,” ujar Mantan Bupati Sidrap dua periode itu.

Anggota DPR-RI, dari Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin menambahkan kunjungan ini ingin melihat pengelolaan limbah lebih bagus lagi kedepan. Akmal mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat yang mengeluhkan masalah limbah di PT. Semen Tonasa. “Bulan lalu ada warga yang mengeluhkan masalah limbah disini. Semoga  kedepan sistem pengelolaan limbahnya  makin bagus,” ucap Akmal Pasluddin.

Sementara Direktur Operasional Semen Tonasa,  Bambang Haryanto dalam kesempatan itu menyampaikan Sebuah kebanggaan mendapat kunjungan kerja dari Komisi IV DPR-RI.

“Saya sampaikan terima kasih banyak atas kunjungannya. Ini sebuh kebanggaan  buat kami Komisi IV DPR-RI berkunjung bersama Dirjen pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Racun Berbahaya, Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Pengendalian Pencemaran,” tutur Bambang Haryanto.

Ia menegaskan bahwa PT. Semen Tonasa berkomitmen terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Menanggapi permasalahan limbah,  Bambang menjelaskan bahwa terus dilakukam pembenahan agar lebih baik lagi. Kedepan pengelolaan limbah disatukan, saat ini Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sedang dalam proses pembangunan.

“Kami tidak sepurna, di Pelabuhan ada limbah dan Debu yang dikeluhkan warga bulan lalu, tapi kami sudah benahi. Kita belajar dari kegagalan sebelumnya, untuk menjadi lebih baik. Pengelolaan limbah kami akan satukan sementara pembangunan IPAL, satu dua tahun ini akan selesai,” jelas Bambang.

Pemkot Makassar