Ini Alasan Mengapa Smartphone Xiaomi Harganya Sangat Terjangkau

Online24jam, Makassar, – Sebagai salah satu produsen smartphone, nama Xiaomi cukup popular di benak masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Harganya tergolong cukup murah, spesifikasinya tinggi, kualitasnya pun tak perlu diragukan. Sebagai contohnya adalah seri Redmi 9T. Menjelang tutup tahun 2021 yang lalu, harga Redmi 9T ini justru semakin murah. Untuk dapat menggenggam Redmi 9T di tangan, anda cukup merogoh kocek sekitar 1,9 sampai 2,3 jutaan saja. Panda bisa membandingkan dengan ponsel lain yang spesifikasinya serupa. Ternyata, brand lain masih memasang harga diatas 3 jutaan lebih.

Anda tentu penasaran, kenapa produsen ini mampu menjual produk dengan rentang harga yang cukup jauh? Padahal ditilik dari segi kualitasnya pun sama. Usia pemakaian juga terhitung cukup awet, asal tidak dibanting-banting. Nah, setidaknya ada 7 alasan mengapa produk Xiaomi selalu ramah bagi para pemilik kantong dengan budget terbatas. Alasan tersebut antara lain:

1. Mengambil Untung Lebih Sedikit
Lei Jun, orang dibalik berdirinya Xiaomi mengatakan bahwa pihaknya mengambil margin keuntungan hanya 5% hingga 8% saja. Margin inipun sifatnya masih laba kotor loh, bukan laba bersih. Hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa nilai jual Xiaomi bisa lebih murah bila dibandingkan dengan ponsel merek lain.

2. Membidik Pasar Kelas Menengah
Xiaomi bisa dibilang memang membidik golongan ekonomi menengah. Dilihat secara statistik, konsumen yang berada di golongan ini lebih banyak dibanding golongan atas ataupun golongan bawah. Xiaomi boleh jadi ingin menguasai pasar seluas mungkin. Dengan strategi demikian, keuntungan yang didapatkan akan berjumlah sama besarnya dengan menjual produk mewah untuk kelas menengah atas.

3. Punya Basis Komunitas
Pengguna smartphone Xiaomi tentu tidak asing dengan Mi Fans, sebuah komunitas yang dibentuk khusus untuk para pecinta produk-produk keluaran Xiaomi. Ternyata, para anggota komunitas memang mendapatkan pelayanan lebih dari brand.

Salah satunya adalah, jika ada event peluncuran produk terbaru, Mi Fans selalu dilibatkan. Jadi, Xiaomi justru lebih memilih untuk memanjakan para pengguna setianya dibanding jor-joran melakukan iklan di berbagai media.

Barangkali anda berminat untuk menjadi salah satu membernya, komunitas Mi Fans sudah ada versi lokalnya loh. Tidak hanya di kota-kota besar saja. Di dalam komunitas anda bisa berbagi informasi tentang perawatan atau promo produk-produk Xiaomi lainnya.
Komunitas ini tak ayal membuat brand menjadi semakin popular dan mampu meraih pangsa pasar yang lebih luas.

4. Pertama Kali Muncul Lewat Toko Online
Saat pertama kali muncul, Xiaomi bisa dibilang tidak memiliki toko tersendiri seperti yang biasa dilakukan oleh perusahaan smartphone lain. Mereka hanya berjualan lewat dunia online saja. Namun siapa sangka trik tersebut justru berhasil, karena era saat ini orang lebih suka melihat dan mencari segala sesuatu melalui online. Dengan cara itu, perusahaan mampu memangkas modal produksi dan menjual dengan harga murah.

5. Promosi Secukupnya
Apakah dulu anda pernah melihat Xiaomi melakukan promosi besar-besaran secara tradisional seperti memasang iklan televisi atau spanduk dan banner besar-besar di tengah jalan? Anda pasti jarang melihatnya bukan?
Membuat iklan dan promosi yang megah tentu membutuhkan biaya besar. Sebagai gantinya Xiaomi memutuskan untuk menggunakan influencer dan promo di media sosial. Ini mampu memangkas biaya modal yang cukup tinggi.

6. Desain Smartphone Xiaomi Elegan
Selain masalah harga, Xiaomi juga jeli membaca pasar. Mereka tahu kalau konsumen menginginkan smartphone dengan harga terjangkau tapi dengan desain yang tetap eye-catching, bukan murahan. Setiap produk Xiaomi dikemas dengan cantik yang membuatnya terlihat seperti smartphone mewah. Bahkan, tidak sedikit orang yang bilang jika desain smartphone Xiaomi mirip dengan iPhone, smartphone premium milik Apple.
Perusahaan smartphone lain juga melakukan hal serupa. Namun sayang, secara harga tetap tidak bisa semurah XiaoMi.

7. Kapasitas Baterai Xiaomi Lebih Besar
Sudah menjadi rahasia umum jika setiap smartphone Xiaomi dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Selain itu, Xiaomi juga menerapkan sistem fast charging yang membuatnya tidak membutuhkan waktu lama ketika dilakukan pengisian daya baterai.

Mari kita sebut saja beberapa contohnya. Ada smartphone Redmi Note 3, smartphone Redmi Note 4, hingga smartphone Mi Max 2 yang didukung dengan baterai berkapasitas diatas 4.000 mAh. Dan bahkan pada smartphone Mi Max 2 ini memiliki baterai dengan daya 4.850 mAh. Dengan baterai berkapasitas besar ini, smartphone ini bisa tahan lama digunakan seharian.

Kemudian, ada juga POCO M3, Redmi 9T, Redmi 9, Redmi Note 9S, dan Redmi 10 yang baterainya bukan lagi besar tapi jumbo karena besarnya baterai mencapai 6000 MaH. Apabila terisi full 100%, smartphone tersebut bisa ditelepon selama 49 tanpa perlu buru-buru mengisi ulang daya. Sedangkan untuk menonton video, baterai tersebut tahan hingga 17-18 jam.

Kemudian untuk pilihan fast charging, anda membutuhkan waktu cukup singkat. Hanya sekitar 1,5 jam sampai 2 jam, ponsel anda bisa terkumpul lagi dayanya hingga 100%. Tidak heran kalau banyak penggemar Xiaomi yang merasa puas.

Nah, anda sekarang sudah tidak heran lagi kan kenapa Xiaomi harganya bisa murah meriah banget? Jangan lupa cek harga Redmi 9T di Blibli ya?

Pemkot Makassar