Kendalikan Inflasi,Pemkot Makassar Mulai Gelar Operasi Pasar Hari Ini di 153 Kelurahan

Regional17 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggelar operasi pasar hari ini, Rabu, 8-10 Februari 2023.

Lokasi operasi pasar difokuskan di Kontainer Makassar Recover yang ada di 153 kelurahan masing-masing kontainer.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta mensuplai bahan pokok seperti Beras Medium 3.060 zak, Minyakita 3,672 liter dan Gula Pasir 3.060 kg di masing-masing kontainer kelurahan.

“Untuk tahap pertama ini dalam tiga hari, 153 kelurahan akan didistribusikan bahan pokok Operasi Pasar,” ujarnya Rabu, 8 Februari 2023.

Operasi pasar ini pemerintah kota memberi harga murah untuk beras medium seharga Rp42.500 per zak, sementara Minyakita Rp13.000 per liter, Gula Rp13.500 per kg.

“Syaratnya warga berdomisili di kelurahan setempat dibuktikan dengan membawa KTP,”
ucapnya.

Pemerintah kota bekerja sama dengan Bulog. Penjemputan bahan pokok di Bulog dilakukan pada pukul 09.00 Wita dan dijadwalkan tiba di kelurahan pukul 10.00-12.00 Wita.

“Kami telah membentuk Tim Terpadu untuk melakukan koordinasi, monitoring dan evaluasi di masing-masing Kelurahan. Bekerja sama dengan Camat untuk penyampaian dan supporting penjualan kepada Lurah atau pelaksana di posko kontainer,” katanya.

Operasi pasar ini dilakukan untuk menekan angka inflasi di Kota Makassar khususnya menjelang bulan Suci Ramadhan.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengklaim operasi pasar ini mampu menekan inflasi di Kota Makassar. Pemerintah kota juga berkoordinasi perihal data kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan harga yang bersumber dari BI dan BPS.Penyimpanan bahan-bahan pangan seperti telur, daging dan lainnya harus dipastikan aman dan tidak busuk saat di kontainer.

“Itu kan mesti diatur, di mana cold storage-nya yang jelas kita fight dulu bagaimana menurunkan inflasi kota Makassar dalam kisaran 3 persen,” ucap Danny. Camat dan Lurah memastikan dan mendata masyarakat yang berhak menerima sembako murah tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *