Bappeda Makassar Rancang Dana Kelurahan Tahun 2024 Seefisien Mungkin

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapakan dana sektoral per Kelurahan sebanyak Rp500 juta Tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman, dikutip youtube Bappeda Corner, Kamis (23/2/2023).

Helmy Budiman mengungkapkan bahwa, kondisi keuangan Kota Makassar tidak cukup baik. Terlebih tahun 2024 nanti, ada agenda politik yang harus dibiayai.

“Sehingga kita memberi batasan pagu, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Tahun 2023 ini untuk usulan 2024 kami batasi untuk dana sektoral di 500 juta,” jelas Helmy.

Helmy menambahkan bahwa, pemkot juga telah menyiapkan dana kelurahan. Di mana, dana kelurahan tahun ini dan 2024 itu porsinya sama Rp400 juta.

“Kami berikan fleksibilitasnya tergantung karakteristik wilayahnya sendiri. Kalau misalnya mau menggunakan untuk sarana dan prasarana pembangunan kelurahan boleh, atau sepenuhnya pemberdayaan itu silahkan,” tuturnya.

Selain itu, kelurahan se-kota Makassar juga diberi dana untuk penanganan penurunan stunting dan tuberkulosis.

Helmy mengungkapakn bahwa, anggaran Rp100 juta itu dibagi menjadi dua. Dimana Rp50 juta dialokasikan penanganan stunting, karena menjadi fokus diselesaikan di 2024.

“Terakhir untuk TB (anggarannya Rp50 juta), karena Indonesia masuk rangking ke dua terakhir dari penderita TB di dunia, makanya kita beri porsi sama untuk 2024 nantinya,” pungkasnya.

Pemkot Makassar