Diskominfo Makassar Bangun Strategi Dan Inovasi Ciptakan Lingkungan Pemerintahan Yang Baik

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Kritik akan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tentu selalu ada dari berbagai kalangan masyarakat yang mempertanyakan bagaimana program-program Pemkot Makassar selama ini.

Hal tersebut tentu menjadi peran besar bagi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar dalam memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai hal-hal yang telah dikerjakan oleh Pemkot Makassar.

Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismawaty Nur menuturkan di mana pihaknya dalam hal ini terus melakukan upaya agar menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara pemerintah dan masyarakat kota, salah satunya dengan edukasi.

“Kalau Kominfo itu edukasi. Kita ingin memperlihatkan kolaborasinya, ketika itu kewenangan kita cepat, berarti kita berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan komplain tersebut. Tapi ketika itu bukan kewenangan kita,  maka kita pun juga memiliki kewajiban menyampaikan kepada pemilik kewenangan tersebut. Tugas kita mencari informasi yang sebenar benarnya, artinya masyarakat berhak tahu info yang benarnya seperti apa,” tuturnya seperti yang diucapkan dalam kanal youtube Bappeda Makassar rubrik “Bappeda Corner”. Kamis, (06/04/2023).

Ismawaty Nur juga mengatakan Diskominfo Makassar yang memiliki peran penting dalam branding positif Kota Makassar terus membangun berbagai strategi agar masyarakat bisa melihat keterbukaan informasi Kota Makassar.

“Jadi. Medsos adalah potensi media yang bisa dengan cepat menyampaikan kepada masyarakat dalam segala rumor, jadi tentunya kita harus menangkap peluang itu. Kita memanfaatkan PPID yang ada di seluruh SKPD untuk membantu membuat branding positif mengembangkan citra bahwa SKPD ini telah melakukan kerja-kerja yang baik.  Kita manfaatkan networkingnya, kita harus gunakan itu semua,” kata Plt Kepala Diskominfo Makassar.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya terus membangun serta menciptakan berbagai inovasi untuk kemudahan informasi dan kerja-kerja kedepannya.

“Kalau inovasi, dalam waktu dekat kita akan launching Makaverse News. Kita akan meningkatkan menjadi mobile aplikasi supaya one klik kita suda bisa baca berita, Makaverse News ini akan menjadi santapan pagi kita. Sebuah koran Kota Makassar,  yang paling tidak seluruh SKPD, seluruh ASN non ASN maupun masyarakat bisa langsung mengupdate kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Makassar,” ungkapnya.

“Kita juga masih mengembangkan Super Apps Androng,  jadi berusaha mengintegrasikan semua aplikasi di setiap SKPD. Kemudian kita sedang membangun aplikasi dengan virtual meeting, jadi kita ingin memberikan pengalaman yang berbeda, kita berada di dilingkungan yang berbeda, satu meja kita berdialog orang lain bisa menonton,” lanjutnya lagi.

Pemkot Makassar