Masuk 75 Besar Anugrah Desa Wisata Indonesia, Ini Potensi Desa Rinding Allo

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meninjau persiapan penilaian atau visitasi Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong yang rencananya akan berlangsung akhir April mendatang.

Visitasi dalam rangka Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

“Untuk visitasi kita terus berbenah, termasuk memastikan apakah tim di lapangan sudah siap, sehingga semuanya berjalan lancar,” tutur Indah  baru-baru ini.

Indah optimis, Desa Rinding Allo bisa bersaing dengan desa wisata lainnya, karena memiliki pelbagai potensi destinasi yang menarik untuk mendukung keberadaan desanya.

“Desa Rinding Allo memiliki potensi wisata yang mendukung seperti keindahan alam pegunungan dan persawahan, agrowisata, budaya, termasuk sarana penunjang gazebo, UKM dan MCK, kuliner, dan oleh-oleh seperti souvenir, hingga produk fashion khas Rongkong yang tersedia di Galeri Tenun Rongkong,” terang bupati yang karib disapa IDP ini.

Sebelumnya, Menparekraf, Sandiaga Uno mengumumkan ada 75 Desa Wisata Terbaik yang masuk ADWI 2023 dari total 4.573 desa wisata yang mendaftar.

Desa Rinding Allo menjadi salah satu desa dari 75 Desa yang terpilih. Pengumuman ini berdasarkan kurasi yang dilakukan dewan juri. Dari 4.573 desa yg dikurasi kemudian terpilih 500 besar, lalu mengerucut ke 300 besar dan akhirnya lolos masuk puncak ADWI 2023 75 besar dan menjadi satu-satunya dari wilayah Tana Luwu Toraja dan Enrekang tahun ini. Dan hanya 7 desa se- Sulsel.

Pemkot Makassar