Bersama Tim Teknis Inkubator, Diskop Makassar Mengunjungi Cimahi Technopark

Regional1 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Tim teknis Inkubator dan Diskop Makassar melakukan perjalanan dinas ke Cimahi Technopark. Kamis,(11/05/23).

Dipimpin oleh Kadis Diskop Muhammad Rheza, rombongan disambut oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Dadan Darmawan.

Tim Teknis Inkubator dan Diskop Makassar kemudian mendapatkan penjelasan mengenai pelaksanaan inkubasi bisnis serta pengembangan sektor industri kreatif berdasarkan riset dan kajian kekuatan ekonomi Cimahi.

Tujuan dari perjalanan dinas tersebut ingin melihat sistem inkubasi bisnis UKM yang ada di Cimahi.

‘‘Kunjungan kami di sana untuk melihat sejauh mana inkubator yang mereka (Disdagkoperin Cimahi) buat. Kunjungan ini berdasarkan petunjuk dari arahan dari Kementrian Koperasi’’ ucap Kadis yang akrab di sapa Echa ini.

‘Kami disana melihat hal yang bisa kita terapkan di Inkubator UKM di Makassar, seperti perwali mengenai sistem penerimaan mereka’ sambungnya.

Perlu diketahui jika sistem inkubasi di Cimahi Technopark telah melalui fase inkubasi ukm kuliner sehingga sasaran inkubasi saat ini berfokus pada milenial dan IKM, namun tidak mengabaikan UKM yang sudah ada.

‘Satu kata kunci yang kami dapatkan ialah, mereka sudah tidak memanjakan lagi ukm dan mendorong ukm untuk lebih mandiri, itulah yang nantinya kita pikirkan apakah bisa diterapkan pada UKM di Makassar”

Sementara itu, Manager Inkubator UKM Khairul Umam menjelaskan pendapatnya terkait kunjungan kawasan yang terletak di Jawa Barat.

“Dari cara kerjanya (Cimahi Technopark) ini sangat efektif, Tim Pelaksana mendapatkan insight dari Kajian sehingga mereka fokus terhadap 1 sektor spesifik yakni SDM Kreatif. Metode ini juga akan kami coba aplikasikan di Inkubator tentunya dengan Kearifan Lokal dan Kekuatan Ekonomi di Makassar yakni UKM” Jelas Erul.

Dari kunjungan itu nantinya rombongan mendapatkan gambaran terkait pelaksanaan kegiatan inkubasi yang dapat diaplikasikan di Inkubator UKM Kota Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *