Pemkab Lutra Gandeng USAID Erat Gelar Lokakarya Penguatan Kapasitas PPID

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Komunikasi informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) bersama USAID Erat menyelenggarakan lokakarya optimalisasi peran dan penguatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Kegiatan yang dibuka secara langsung Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur tersebut berlangsung selama dua hari sejak Senin, 22-23 Mei 2023, di Hotel Bukit Indah Masamba.

Dalam sambutannya, Suaib Mansur menyampaikan PPID sebagai leading sektor di semua limit Perangkat Daerah memegang peran penting dalam akses informasi.

Untuk itu, PPID sebagai pemegang kendali informasi diharap siap memberikan informasi kepada masyarakat, dengan memahami aturan keterbukaan informasi.

“Berbicara tentang tata kelola pemerintahan ukurannya adalah kinerja. Kinerja yang optimal bisa dinilai dari respon time kita, untuknya melalui lokakarya ini ada perubahan peningkatan kapasitas informasi maupun dokumentasi dalam keterbukaan publik,” tutur Suaib.

Sementara, Provincial Koordinator USAID ERAT Sulawesi Selatan, Sinta mengapresiasi lokakarya tersebut. Ia menilai Pemkab Lutra telah menunjukkan keseriusannya terhadap penguatan tata kelola sehingga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Keberhasilan tata kelola bergantung pada partisipasi warga. Ketika masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan artinya hubungan masyarakat dengan pemerintah terjalin baik,” ucapnya.

Sinta juga menambahkan, Luwu Utara adalah kabupaten pertama yang melaksanakan lokakarya bersama USAID Erat yang diharapkan bisa memberi nilai tambah untuk tata kelola PPID.

Diketahui, lokakarya yang berlangsung diikuti  petugas counter part dan seluruh Pejabat Penghubung pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

 

Pemkot Makassar