Bupati Maros Launching 1 Desa 1 Bank Sampah

Regional25 Views
banner 468x60

Online24jam, Maros, – Bertepatan hari Lingkungan Hidup Se Dunia 5 Juni 2023 hari ini, pemerintah Kabupaten Maros mencanangkan program 1 Desa/kelurahan 1 Bank Sampah se kabupaten Maros. Program ini disampaikan langsung bupati di hadapan ratusan pegawai lingkup pemerintah kabupaten Maros dalam upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se dunia di halaman parkir kantor bupati.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam SIP.MH dengan PT Milion Limbah Makassar , Devision Reiiwpasa selaku General Manager dan perjanjian kerjasama antara Universitas Hasanuddin dengan Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Maros. Kerjasama dengan PT MLM dalam hal pembelian sampah plastik serta pembinaan bank sampah. Sementara kerjasama dengan Unhas dalam hal program KKN Tematik pengelolaan sampah.

Dalam arahannya bupati Chaidir meminta skpd terkait harus merealisasikan hal ini dalam bentuk program. Mwnurut ketua IKA Unhas Maros ini, pengendalian sampah khususnya plastik menjadi tema khusus dalam peringatan hari lingkungan hidup se dunia.

“Kita berharap program ini bisa menekan pembuangan sampah di TPA dan lebih fokus melakukan pengelolaan sampah dari sumbernya,” ujarnya.

Sementara itu Ir. Laode Muh Asfan Mujahid, ST., MT mewakili P2 KKN Unhas mengatakan segera akan menindaklanjuti hasil perjanjian ini dilingkup P2 KKN. Hal yang sama juga dikemukakan oleh ketua Pokja Bank Sampah Unhas, Dr. Eng irwan Ridwan Rahim ST MT yang ikut hadir meminta pemda, Unhas dan PT MLM segera membuat timeline kegiatan. Inisiator kegiatan, Saharuddin Ridwan selaku anggota tim percepatan kabupaten Maros berharap dalam waktu dekat kerjasama KKN tematik segera di realisasikan dalam bentuk program dan kegiatan. Begitpula dengan pihak PT MLM agar berkoordinasi intens dengan bank sampah induk Maros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *