Karnaval Budaya dan Fashion Show Pelajar Disabilitas SLBN 1 Makassar Sambut Hut Kemerdekaan

banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Hari ini, sabtu (12/08/23) di halaman gedung SLB Neg.1 Pembina kota Makassar semarak dengan warna-warni kostum ratusan pelajarnya. Beragam bentuk kostum dan busana budaya dari berbagai daerah dinusantara dikenakan pelajar tersebut dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun dengan kegiatan karnaval budaya dan fashion show.

Didampingi oleh guru dan orang tuanya yang juga mengenakan kostum adat, ratusan pelajar sd, smp dan sma yang beragam latar kebutuhan khusus seperti tunarungu, tuna daksa dan autisme mengikuti karnaval sejauh 5 kilometer memutari lingkungan sekolah dan sebagian jalan raya dikelurahan parang tambung kecamatan tamalate.

Meski raga mereka terbatas, namun pagelaran karnaval yang mereka lakukan diikuti dengan penuh antusias. Apalagi karnaval ini dipandu oleh group drum band SLBN 1 yang juga merupakan pelajar sekolah tersebut.

Mereka mengawali karnavalnya dari sekolah dijalan lorong SLB daeng tata lalu mengitari jalan daeng tata satu kompleks kumala permai, memutar kejalan raya dijalan Muh. Tahir selanjutnya kejalan daeng tata raya dan finish kembali dihalaman sekolah.

Kepala SLB Neg 1 Pembina kota makassar Andi Hamjan S.Pd, M.Pd mengungkapkan pelaksanaan kegiatan kebudayaan ini rutin digelar setiap tahunnya dalam menyambut hari kemerdekaan republik indonesia. “Kegiatan ini bagian dari upaya membaurkan siswa secara sosial, yang juga memperkenalkan kepada masyarakat bahwa SLBN 1 merupakan wadah bagi anak-anak disabilitas untuk menerima pendidikan” terangnya.

Hamjan menambahkan, tak sedikit orang tua yang masih malu mengakui jika memiliki anak disabilitas. “Bahkan kami menemukan kasus, ada anak yang disembunyikan oleh orang tuanya didalam rumah karena cacat. Maka kami menghimbau masyarakat yang memiliki anak cacat agar disekolahkan saja disekolah luar biasa yang ada disekitar tempat tinggalnya” katanya

Setelah finish disekolah, kegiatan karnaval ini dlanjutkan dengan fashion show diaula handayani gedung sekolah. Busana budaya yang dikenakan oleh pelajar dan orang tuanya dilombakan oleh pihak sekolah dengan mencari busana terbaik dalam perayaan hut kemerdekaan ini. Karnaval dan fashion show yang digelar hari ini juga merupakan rangkain dari pembukaan porseni sekolah yang rencananya akan dilaksanakan pekan depan sejak hari senin (14/08/23) hingga kamis (17/08/23).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *