Cegah Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan, IDP Minta PATBM Bekerja Maksimal

Regional14 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Peran Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sangat dibutuhkan dalam mencegah terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga dan anak. Maka dari itu, dibutuhkan gerakan aktif dalam upaya untuk meningkatkan peran PATBM tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka Jambore PATBM tingkat Kabupaten Luwu Utara, di Bukit Tirosoe Desa Baebunta, Jumat (8/9).

“Atensi pemerintah kita terhadap kasus kekerasan anak dan perempuan cukup tinggi. Melalui PATBM ini diharapkan mampu memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat khususnya menurunkan kasus kekerasan anak dan perempuan maupun kekerasan dalam rumah tangga,” kata Indah.

Khusus di kabupaten Luwu utara, Indah menyebutkan sudah terbentuk 60 PATBM dan diharapkan dapat terus bertambah.

“Target Pemerintah, PATBM ini dapat terbentuk di semua desa dan kelurahan artinya PR kita masih cukup banyak dan juga tidak kalah penting memastikan PATBM desa dan kelurahan ini tidak hanya terbentuk secara administrasi tetapi aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,”  pintanya.

“Di Sulsel, Kabupaten menjadi satu dari dua desa yang menjadi lokus dan untuk desanya yaitu Desa Kariango dan Pince Pute. Ini diharapkan betul- betul tidak lagi ditemukan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan. Contohnya, tidak lagi ditemukan ada terjadi kasus pernikahan usia anak, tidak lagi ditemukan kasus pekerja anak, dan kekerasan pada perempuan,” harap bupati yang karib disapa IDP ini.

Terakhir, IDP mengapresiasi pelaksanaan jambore PATBM yang digagas oleh pemerintah daerah yang menandakan bahwa respon pemerintah telah melaksanakan peran dan fungsinya dalam mengawal kabupaten layak anak di Kabupaten Luwu Utara.

“Saya berharap dengan terlaksananya jambore ini dapat memunculkan rasa kasih sayang dan empati pada anak yang mengalami kekerasan dan kepada kader-kader PATBM desa untuk lebih aktif melakukan upaya pencegahan dan memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak,” tutup Isteri Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *