3000 Hektare Sawah Mulai Dialiri Jaringan Irigasi Bendung Baliase

Regional19 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Sekiran 3000 hektare sawah mulai dialiri jaringan irigasi Bendung Baliase, Kamis (21/9) kemarin.

Hal itu setelah dilakukannya Running Test (uji pengaliran) langsung oleh Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR, Ismail Widadi didampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Setelah pengerjaan Bendung Baliase dan jaringan irigasi ini dilakukan perbaikan, hari ini kita running test mengaliri sekira 3000 HA sawah yang ada di beberapa kecamatan dan desa di Luwu Utara,” kata Ismail.

Kendati telah melihat langsung kondisi di lapangan, Ismail berharap Bendung Baliase akan menjadi  Proyek Strategis Nasional (PSN) satu-satunya yang akan diresmikan Presiden RI, Joko Widodo.

“Bendung Baliase ini InsyaAllah akan menjadi PSN pertama dan satu-satunya yang nantinya akan diresmikan oleh Presiden. Seperti kita ketahui sudah banyak Proyek Strategis Nasional yang diresmikan presiden tapi mayoritas hanya bendungannya saja dan belum ada bendung yang diresmikan presiden beserta jaringan irigasinya,” terang Ismail.

Meski begitu, Ismail mengatakan, butuh persiapan yang matang khususnya membenahi sarana pendukung lainnya. Untuk itu, Ia mengusulkan membentuk Tim Koordinasi Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan Kementerian PUPR.

“Kami tadi diskusikan dengan Ibu Bupati Luwu Utara, nanti kita akan dibentuk satu tim koordinasi persiapan peresmian dan mudah-mudahan dengan persiapan yang kita akan lakukan nanti, bapak presiden berkenan untuk hadir meresmikan langsung DI Baliase,” harap Ismail.

Sementara itu orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada Kementerian PUPR.

“Bersama masyarakat, Pemda menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yang selalu hadir membangun Negeri,” ucap Indah.

“Kita ketahui potensi air di Luwu Utara sangat luar biasa, bukan hanya di Rongkong tapi juga di Baliase. Dan kami sangat bersyukur dengan adanya PSN Bendung Baliase yang direncanakan mengaliri sekira 18 ribu lebih areal persawahan di Luwu Utara,” terangnya.

Isteri dari Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi ini berharap, hadirnya Bendung Baliase dapat dinikmati langsung oleh masyarakat, khususnya petani.

“Pemerintah hadir bukan hanya membangun, tapi yang paling penting apa yang kita lakukan ini dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Dengan hadirnya bendung dan jaringan irigasi Baliase ini juga diharapkan dapat menjadikan Luwu Utara salah satu daerah yang menjadi lumbung beras di Sulsel dan Indonesia pada umumnya,” harap bupati yang karib disapa IDP ini didampingi Kadis PUPR, Muharwan.

Di tempat yang sama, Bayu, mewakili petani di Desa Kapidi Kecamatan Mappedeceng menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas aliran air dari jaringan irigasi Baliase.

“Kami selaku masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementeria PUPR. Kami merasa senang dan bahagia melihat datangnya air pada saat ini, mudah-mudahan terus lanjut sampai kami menikmati air yang ada,” ucap Bayu. (

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *