Berbaur dengan Siswa, IDP Kenalkan Masa Transisi PAUD ke Sekolah Dasar

Regional30 Views
banner 468x60

online24, Makassar – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berkunjung ke TK Pembina Masamba dalam rangka masa transisi mempersiapkan murid PAUD yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya atau tingkat SD, Jumat (22/09).

Masa transisi murid PAUD ke Sekolah Dasar (SD) dianggap sangat penting dalam rangka mempersiapkan anak-anak untuk mau melanjutkan sekolah ke tingkat lebih tinggi.

“Beberapa tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sudah mensyaratkan untuk masuk ke SD salah satu syaratnya adalah telah menempuh pendidikan PAUD. Karena kita ketahui bahwa metode pendekatan pembelajaran yang menyenangkan sudah lama diterapkan di TK atau PAUD,” kata Indah.

Indah yang juga Bunda Paud Luwu Utara mengatakan, saat menempuh pendidikan di TK/ PAUD para siswa sudah ditanamkan bahwa sekolah itu menyenangkan dan yang paling penting dari kegiatan ini adalah bagaimana mereka tidak kaget dan siap bertransisi dari PAUD ke SD.

“Ini adalah bagian dari pengenalan kepada anak-anak kita yang bersekolah di PAUD bahwa stelah menyelesaikan sekolah PAUD itu tidak selesai, tetapi mereka harus melanjutkan sekolah ke tingkatan yang lebih tinggi yaitu SD,” sambung isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi itu.

Ibu dua anak itu juga mengungkapkan, data menunjukkan bahwa angka putus sekolah dari anak-anak  yang telah mengikuti PAUD dan tidak sekolah PAUD memang menunjukkan ada perbedaan.

“Ternyata anak yang mengikuti sekolah PAUD sebelum melanjutkan ke jenjang selanjutnya potensi putus sekolahnya jauh lebih sedikit dibanding anak-anak yang tidak menikmati sekolah di jenjang PAUD. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia sekolah PAUD atau TK itu dapat menyekolahkan anaknya di PAUD,” imbau bupati yang karib disapa IDP ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *