Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Dana BOS SMA/SMK Berlangsung Sukses di Kabupaten Bulukumba

Regional49 Views
banner 468x60

ONLINE24, BULUKUMBA – Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan Tata Kelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah berhasil diadakan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 28 Juli 2023 di ruang rapat Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba, Moh. Rifai, A.P., M.Si., yang mewakili Kepala Dinas.

Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan materi dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Ketua Tim Pengabdian Universitas Negeri Makassar, Bapak Dr. Azwar Anwar, SE, M.Si., Ak., CA., dan Ibu Nurafiah, SE, M.Si., Ak., CA., yang merupakan anggota tim, memberikan penjelasan mendalam mengenai akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Dana BOS. Bapak Azwar Anwar membahas pentingnya akuntabilitas dalam tanggung jawab pengambilan keputusan dan pelaporan hasil kepada pihak-pihak yang berkepentingan secara periodik. Sementara itu, Ibu Nurafiah menyampaikan mengenai transparansi dalam mengungkapkan informasi dengan jelas, akurat, dan selalu dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan.

Pelatihan ini juga menghadirkan Bapak Drs. H. Isbair, MM, seorang pembina guru sekolah dan staf senior pada Dinas Pendidikan Bulukumba. Beliau memberikan materi tentang teknis pengelolaan Dana BOS, termasuk perencanaan, pencairan, dan realisasi kegiatan yang telah dianggarkan melalui aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Bapak Isbair juga menekankan seringnya terjadi kesalahan dalam pengelolaan Dana BOS akibat ketidaktahuan atau bahkan kesengajaan, seperti kelalaian dalam menyediakan dokumen-dokumen terkait dan perbedaan antara rencana anggaran dan realisasi kegiatan.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta yang dihadiri oleh 22 orang perwakilan sekolah. Mereka mengungkapkan rasa terbantu dan mengaku merasa lebih siap dalam menjaga integritas dan mengelola Dana BOS setelah mengikuti pelatihan ini. Diskusi dan sesi tanya jawab juga dilaksanakan setelah penyampaian materi dari narasumber.

Dengan suksesnya pelaksanaan kegiatan PKM Pelatihan Tata Kelola Dana BOS SMA/SMK ini, diharapkan akan terjadi peningkatan efektivitas pengelolaan Dana BOS di sekolah-sekolah di Kabupaten Bulukumba. Dinas Pendidikan Bulukumba berkomitmen untuk terus melakukan berbagai program yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi muda di daerah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *