Indah Minta Kurangi Stigma Negatif Terhadap Ibu

Regional43 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengajak seluruh elemen masyarakat memaknai Hari ibu. Bukan hanya sekadar seremonial, tetapi bentuk apresiasi atas kiprah ibu dan perempuan untuk ikut memajukan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Indah saat membuka acara puncak peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Luwu utara di Aula Lagaligo Kantor Bupati, Jumat 22 Desember 2023.

Menurutnya, peringatan Hari Ibu ini menjadi semangat bagi kaum ibu dan perempuan untuk terus berkontribusi positif, berdaya dan berkarya sesuai bidangnya masing-masing.

“Untuk dipahami Peringatan Hari Ibu bukan hanya sebagai penghargaan terhadap jasa besar ibu, melainkan juga apresiasi terhadap peran, dedikasi, dan kontribusi seluruh perempuan Indonesia dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” terang Indah.

Tidak sampai disitu, Indah juga menyampaikan agar stigma negatif terhadap ibu tidak lagi terjadi. Salah satunya status ibu tunggal akibat perceraian.

“Stigma yang paling kuat adalah status janda yang dipandang sebagai penggoda atau perusak rumah tangga orang, diikuti dengan gurauan yang merendahkan status para ibu tunggal, terlebih menjadi orang tua tunggal memiliki tanggung jawab besar dalam mengasuh anak serta tulang punggung keluarga,” pinta bupati dua periode tersebut.

Sementara sebagai rangkaian kegiatan Hari ibu, Pemerintah kembali menyalurkan bantuan pangan dalam rangka menzerokan stunting kepada beberpa keluarga berisiko stunting.

Di waktu yang sama, Pemerintah daerah bersama BPJS Kesehatan juga melakukan MoU dalam rangka memberikan jaminan sosial kesehatan kepada warga Luwu Utara. Tercatat ada 52 ribu warga yang belum tercover dalam BPJS kesehatan akan dijamin 2024 mendatang.

“Untuk 52 ribu warga Luwu Utara kita sudah anggarkan sebanyak Rp.25 miliar melalui APBD Luwu Utara,” tandas Indah.

Diketahui, Puncak Peringatan Hari ibu dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju tersebut turut dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-24 tahun Darma Wanita  tingkat Kabupaten Luwu Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *