Bawaslu Maros Harap Ketelitian KPU dalam Sortir Suara Suara 

Dukcapil Makassar

Online24,Maros – Di hari pertama penyortiran dan pelipatan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden, Bawaslu meminta KPU agar lebih teliti dalam penyortiran dan pelipatan suara suara Pemilu 2024. Penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut dilakukan di aula KPU Kabupaten Maros, Kecamatan Turikale , Maros, Senin (8/1/2024).

 

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman berharap KPU mengantisipasi terkait surat suara rusak yang ditemukan saat penyortiran. Lantaran dapat mempengaruhi kebutuhan logistik surat suara di TPS pada pemungutan suara bulan depan. Meski begitu, Sufirman mengapresiasi KPU Maros yang gerak cepat dalam penyortiran dan pelipatan surat suara.

 

“Hasil pengawasan Bawaslu Maros pada proses sortir hari pertama masih menunjukan proses yang berjalan dengan baik, baik dari aspek pengamanan dan maupun dari aspek ketepatan dalam proses sortir. Namun masih butuh sedikit ketelitian petugas sortir dalam melipat dan mengikat, karena kalau dalam proses pelipatan berpotensi dobel namun di hitung satu, hal tersebut memungkinkan terjadi kesalahan dalam menghitung jumlah nantinya,” ujar Sufirman.

 

Diketahui, KPU merekrut pihak eksternal dari masyarakat Maros untuk sortir dan pelipatan surat suara calon presiden dan wakil presiden sebanyak 120 orang dari masyarakat Maros.

 

Surat suara yang sudah di sortir dan dilipat pada hari pertama sebanyak 57 dos, masing-masing dos berisi kurang lebih 2 ribu surat suara. Total surat suara yang telah disortir dan dilipat KPU sebanyak 112 ribuan surat suara yang baik. Sementara surat suara yang rusak sebanyak 504 lembar.(*)

Pemkot Makassar