Pimpinan Cabang Muslimat NU Pinrang Salurkan Bantuan Baznaz RI Pada Pelaku Usaha dan 50 Mustahik

Regional7 Views
banner 468x60

Online24jam, Pinrang, – Sebanyak 50 Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan menerima bantuan masing-masing sebesar Rp 500 ribu dari Badan Amil Zakat Nasional dalam program “Kita Jaga Usaha”, dan sebanyak 50 mustahik (anak yatim dan Kaum Dhuafa) menerima Paket sembako dalam program Berbagi Keberkahan Ramadhan yang disalurkan langsung oleh Pimpinan Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pinrang, Ahad (31/3/2024).

Pada program ini, Pimpinan Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pinrang memfasilitasi proses permohonan, pengumpulan data kepada mustahik. Bantuan disalurkan melalui BSI kepada rekening perbankan yang disampaikan oleh masing-masing pemohon. Penyerahan secara simbolis bantuan KJU kepada para pelaku usaha dan Program Berbagi Keberkahan Ramadhan berlangsung di taman Masjid Agung Almunawir Kabupaten Pinrang bersama Pimpinan Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pinrang bersama jajaran Pengurus PC Muslimat NU Kabupaten Pinrang.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Pinrang, Dr. Mardia Said, M.Pd.I. mengatakan bahwa program “Kita Jaga Usaha” diluncurkan Baznas RI untuk membantu mengentaskan kemiskinan dan mendorong peningkatan kualitas kegiatan ekonomi para pelaku usaha.

“Program Kita Jaga Usaha adalah program bantuan demi mendukung pengembangan usaha kecil dan Baznas pusat telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 25.000.000 kepada 50 Pelaku Usaha Mukro di Kabupaten Pinrang,” jelasnya.

Mardia Said mengutip sambutan, Ketua Baznas RI, Prof. Noor Achmad, saat peluncuran Program KJU lalu di tanggal 13 Maret 2024 menyampaikan, program KJU ultra mikro merupakan program bantuan sosial kepada para pelaku usaha ultra mikro untuk mendukung pengembangan usaha ultra mikro. Baznas meluncurkan tahap pertama 10.000 KJU kepada ultra mikro dan memberikan modal hibah walaupun hanya Rp. 500.000.” Kutipnya.

“Alhamdulillah Kami Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pinrang diberikan amanah dan tanggungjawab untuk menyalurkan bantuan ini kepada para mustahik yang telah terdaftar namanya. Program ini sebagai dukungan keterlaksanaan program KJU ultra mikro BAZNAS RI, sehingga diharapkan program KJU ultra mikro ini dapat berjalan dengan lancar dan semoga kedepan lebih banyak lagi penerima manfaat,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama pemberian bantuan diserahkan langsung secara simbolis kepada mustahik. Nurul Qanita Putri yang masih berstatus Mahasiswi STAI DDI Pinrang memiliki usaha Kedai Mario Coffe, saat diwawancarai menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Baznas RI melalui PC Muslimat NU Pinrang.

“Dengan adanya bantuan ini usahanya dapat meningkat sehingga dapat membantu orang tua dalam membiayai kuliahnya”. Jelasnya.

Hal yang sama dirasakan oleh Siti Sakiah Anugrah, mahasiswi STAI DDI Pinrang sekaligus penjual Sweet Drink merasakan hal yang sama.

“saya sangat terharu mendapatkan bantuan dana ini, saat ini saya kuliah sambil membuka usaha, dan hasil usaha saya dapat membantu orang tua dalam membiayai kuliahku”. tambahnya.

Pedagang lain yang tak kalah bahagianya saat mendapatkan bantuan, ibu Nani, Warga Dusun Tanreassona Kabupaten Pinrang, seorang ibu tulang punggung keluarga yang memiliki 5 anak yang berprofesi sebagai pedagang sayur keliling.

“saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pengurus Muslimat dan Baznas atas bantuan yang cair di bulan ramadhan ini, krn dapat membantu usaha saya dalam menjual sayur keliling,” Jelasnya.

Selain bantuan pendanaan bagi UMKM Baznas, Pimpinan Cabang Muslimat NU juga menyalurkan 50 paket sembako di wilayah Kota Kabupaten Pinrang.

Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pinrang, menunjukkan kepedulian sosialnya dengan menggelar kegiatan Berbagi Keberkahan di bulan Ramadhan kepada para mustahik antara lain anak yatim dan kaum dhuafa’. Sebanyak 50 paket sembako disalurkan di wilayah Kota Pinrang.

Bendahara Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pinrang, Sutarmi Khabir, M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin yang akan di programkan setiap bulan Ramadhan.

Sutarmi, panggilan akrabnya, beserta pengurus Muslimat NU lainnya, turut serta dalam pembagian sembako sebagai wujud amalan hadits Nabi Muhammad SAW tentang saling berbagi dengan sesama.

“Kami bersyukur, Muslimat NU khususnya Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pinrang mendapat kepercayaan dari donatur dan para pengurus PC Muslimat NU untuk bisa berbagi dengan sesama,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *