Fakultas Bahasa dan Sastra wakili UNM ke Tingkat Wilayah untuk National University Debating Championship (NUDC) 2024

Dukcapil Makassar

Online24jam, Makassar, -Senin (01/04/24), Universitas Negeri Makassar menyelenggarakan seleksi internal pada tingkat universitas untuk mengirim delegasi mahasiswa pada Kompetisi Mahasiswa National University Debating Championship (NUDC) 2024 tingkat nasional.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Andi Muhammad Idkhan, S.T., M.T., IPM., dan didampingi Ketua Pelaksana, Dr. Syamsu Rijal, S.Pd., M.Hum., dihadiri oleh 20 orang mahasiswa yang terdiri dari 10 tim perwakilan dari semua fakultas yang ada di UNM.

Rincian 10 tim tersebut antara lain: 2 tim dari FBS, 2 tim dari FPsi, 2 tim dari FMIPA, 2 tim dari FEB, 1 tim dari FSD, dan 1 tim dari FT.

Dr. Syamsu Rijal, S.Pd., M.Hum., selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tim yang akan diberangkatkan merupakan pemenang tim.

“Pemenang tim sekaligus best speaker dari pelaksanaan debat yang akan kita kirim nanti bisa jadi perwakilan UNM di tingkat regional,” ujar Syamsu Rijal.

National University Debating Competition (NUDC) merupakan debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

NUDC merupakan wadah untuk para mahasiswa yang bertujuan meningkatkan soft skill dan hard skill seperti critical and creative thinking, public speaking, team management, self-confident, dan bagian kemampuan berbahasa Inggris.

Seperti yang diketahui, Muthia Amalia Syahril dan Farrel Vianlirinsky Soputan merupakan perwakilan Tim dari Fakultas Bahasa dan Sastra yang lolos mewakili UNM ke Tingkat Wilayah untuk National University Debating Championship (NUDC) 2024.

Pemkot Makassar