Polisi Cek SPBU di Maros, Antisipasi Kecurangan Jelang Mudik

Dukcapil Makassar

Online24,Maros, – Unit Reskrim Polres Maros melakukan pengecekan ke sejumlah SPBU di Wilayah Maros menjelang mudik Lebaran 2024.

 

Pengecekan ini dilakukan guna mencegah terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) akibat manipulasi penimbunan oleh kelompok tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan.

 

Pengecekan diawali di SPBU Kasuarrang, Kecamatan Lau, kemudian dilanjutkan ke SPBU Ballu-Ballu di Kecamatan Mandai, lokasi kedua SPBU ini berada di jalur trans sulawesi.

 

Iptu Aditya Pandu mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi adanya praktik kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pihak SPBU.

 

“Tujuannya untuk mengantisipasi kecurangan yang mungkin dilakukan pihak SPBU yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat umum,” ujarnya.

 

Dalam sidak tersebut, petugas mengecek langsung kecocokan harga yang tertera pada mesin SPBU dengan jumlah BBM dalam pembelian satu liternya serta kemurnian BBM apakah tercampur dengan cairan lainnya atau tidak.

 

“Dari hasil pemeriksaan dua SPBU kami tidak menemukan adanya indikasi kecurangan mulai dari takaran di SPBU dan mesin dispenser yang dipakai, juga tidak ditemukan alat tambahan untuk melakukan kecurangan,” terangnya.

 

Mantan Kasat Reskrim Polres Wajo ini menambahkan jika inspeksi serupa akan terus dilakukan di seluruh SPBU yang ada di wilayah Maros khususnya jelang mudik lebaran 2024.

 

“Diharapkan dengan sidak yang kami lakukan ini bisa menjadi pengingat bagi pemilik SPBU untuk selalu mematuhi aturan dan menjaga integritas dalam menjalankan usahanya,”tambahnya.(*)

Pemkot Makassar