Stadion Sudiang Berstandar FIFA Dijadwalkan Groundbreaking Juli 2024

News27 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Stadion bertaraf internasional akan segera dibangun di Kota Makassar. Stadion tersebut akan dibangun di wilayah Sudiang, Kota Makassar dengan kapasitas 50 ribu penonton.

Dijadwalkan, peletakan batu pertama atau groundbreaking Stadion di Sudiang ini dilaksanakan di bulan Juli dan pengerjaan konstruksinya di bulan November 2024 mendatang.

Stadion di Sudiang ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) RI dengan menggunakan APBN untuk konstruksi sedangkan infrastruktur, fasilitas pendukung lainnya dan akses jalan dibebankan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui APBD.

Untuk akses jalan dibebankan ke Pemkot Makassar. Maka dari itu, beberapa waktu lalu Pemkot Makassar  melakukan peninjauan di lokasi stadion di wilayah Sudiang.

Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan anggaran yang disiapkan oleh Pemkot Makassar untuk pengerjaan akses jalan di Stadion Sudiang itu sekitar Rp200 hingga Rp300 miliar.

Namun, kata Firman, sapaan akrabnya, tidak menutup kemungkinan anggaran tersebut akan bertambah. Pasalnya, selain akses jalan, masih banyak yang perlu dibenahi di sekitar lokasi stadion tersebut.

Seperti, adanya area resapan di sekitar lokasi dan juga pembebasan lahan milik warga sekitar.

” Makanya, nanti akan didata secara detail. Terus akan dianggarkan di perubahan (APBD Perubahan 2024) karena kalau tidak terlalu detail akan dianggarkan beberapa kali kan,” terang Firman.

Maka dari itu, Firman mengatakan akses jalan di Stadion Sudiang akan dilakukan pendataan ulang dan pembenahan. Termasuk, melakukan rapat-rapat teknis.  Sembari menunggu penganggaran APBD Perubahan 2024.

” Semuanya (jalan) akan kita akan benahi, kita perlu data ulang, bukan hanya 5 km jalan. Karena banyak hal teknis yang harus dibenahi seperti riwayat tanah, percuma diangggarkan kalau tidak dibebaskan,” tutup Firman.

Diketahui sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah mengumumkan akan segera membangun stadion sepak bola di Sudiang, Kota Makassar.

Ditargetkan pembangunan fisik stadion sepak bola ini dilaksanakan pada November 2024 mendatang. Dengan skema pembangunan multi years contract (MYC), stadion sepak bola ini akan berstandar FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *