TIM PKM-PM UNM Melaksanakan Kegiatan Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan Perempuan di Desa Salenrang, Kabupaten Maros

UNM Makassar

Regional138 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Kegiatan pelatihan kepemimpinan Perempuan “Women Leadership Training” dibuka secara resmi oleh perwakilan pemerintah Desa Salenrang Kabupaten Maros yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Salenrang. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Negeri Makassar yang diketuai oleh Nurintan Baharuddin, dengan beranggotakan Nasylah Anisa Ali, Tri Yasmin, Muh. Ikhsan Thalib, dan Muh. Hendri. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 25 anggota ibu kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Salenrang Kabupaten Maros.

Nurintan Baharuddin selaku ketua Tim Pelaksana memaparkan bahwa pentingnya partisipasi kelompok perempuan dalam setiap rapat Musrembang di Desa Salenrang Rammang-Rammang merupakan salah satu aspek yang melatarbelakangi mengapa kegiatan ini dilaksanakan. Kurangnya partisipasi kelompok perempuan di rapat musrembang desa berpotensi disebabkan karena faktor budaya patriarki yang masih kuat di masyarakat. Patriarki adalah sebuah sistem konstruksi sosial yang telah melekat dan berkembang di masyarakat dimana kelompok laki-laki mendominasi segala aspek kehidupan dan sebagai penentu Keputusan untuk kelompok Perempuan.

“Maka dari itu, meningkatkan kemampuan kepemimpinan kelompok perempuan merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi budaya patriarki dan meningkatkan partisipasi kelompok Perempuan di rapat Musrembang desa”, Tegas Nur Intan Baharuddin”

Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan pemerintah Desa Salenrang, Bapak Muh. Kahar selaku Kordinator Umum dan Perencanaan Desa Salenrang. Pihak Pemerintah Desa sangat menyambut dengan baik kegiatan ini. Muh. Kahar juga menekankan bahwa Program ini berpotensi meningkatkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan negosiasi kelompok perempuan yang diperlukan untuk aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di tingkat desa. Selain itu, program ini juga akan membantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan adil di mana keberagaman gender dihargai dan perempuan memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *