GrabExpress Dukung Pengembangan UMKM Sulawesi Selatan Lewat Program #TambahSukses

Online24jam, Makassar, – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara mewujudkan komitmennya untuk turut memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan melalui program #TambahSukses dengan GrabExpress. Program antara lain berisi pelatihan pemasaran digital dan fotografi yang diperlukan, agar UMKM bisa berkembang lebih 9% dan lebih kuat dalam menghadapi tuntutan era Revolusi Industri 4.0. Selain itu, Iayanan kurir instan GrabExpress juga memperkenalkan 5 fitur terbaru yang diharapkan bisa membantu UMKM untuk melayani pelanggan mereka dengan pengiriman yang aman, cepat dan mudah. Hal ini sejalan dengan salah satu misi 2025 ‘GrabforGood’, untuk memastikan semua orang dapat mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital, dengan pengetahuan yang memadai untuk menyambut masa depan digital.

Dalam data Analisis Hasil Sensus Ekonomi 2016-Lanjutan. Usaha Mikro Kecil (UMK) mulai memperlihatkan peran penting bagi ketahanan dan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan. Hal tersebut terindikasi dari jumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) yang mendominasi seluruh wilayah. dengan jumlah hampir mencapai 915.000 unit atau mencakup 98,9% dari total usaha non pertanian di tingkat provinsi‘. Serapan tenaga kerja di sektor tersebut pun sangat besar, yakni mencapai 2,1 juta orang atau 85.29% dari totat tenaga kerja non pertanianz. Hal ini mendorong GrabExpress untuk menghadirkan pelatihan ini, agar dapat terus memperkuat pelaku UMKM di Sulawesi Selatan.

Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia mengatakan, “Mengingat besarnya peran dan potensi UMKM sebagai penggerak perekonomian Sulawesi Selatan, para pelaku usaha. mesti memiliki bekal dan keterampilan yang cukup, sehingga bisa memanen manfaat positif dari era ekonomi digital ini, dan diharapkan mereka juga dapat membagikannya ke banyak orang lain. Ditambah lagi dengan teknologi yang tepat guna, juga bisa membantu untuk mengembangkan jangkauan UMKM sehingga mendapatkan pasar yang lebih luas. Karena itu kami mengadakan program #TambahSukses dengan GrabExpress di Makassar, dengan harapan bisa membantu UMKM berkembang lebih besar serta memberikan dampak positif pada perekonomian di tingkat provinsi, hingga nasionaI.”

Setelah sukses dilakukan di Jakarta pada Juli lalu, rangkaian pelatihan #TambahSukses dengan GrabExpress juga turut diadakan di berbagai kota di Indonesia termasuk Bandung. Semarang. Surabaya, dan Makassar. Di Makassar, para wirausahawan mikro dilatih oleh Myla Mulya pemilik bisnis Batikan yang berbagi mengenai pemasaran digital, Rejeky Kane. fotografer profesional pemilik Studio Bamboo Creative House yang akan memberi pelatihan mengenai teknik memotret produk. dan A. Retyana Putra. pemilik bisnis Garbera Craft, supaya pesena memiliki tambahan keterampilan yang cocok untuk bersaing di era ekonomi digital.

Selain ilmu, GrabExpress juga menghadirkan teknologi khusus bagi pelaku bisnis UMKM di Makassar, antara lain:

0 Pemesanan Via Web: Dengan fitur ini, pengguna dapat memesan layanan GrabExpress Instan. via portal web booking GrabExpress. Pelanggan dapat membuat pemesanan dalam jumlah banyak sekaligus. mengunduh laporan. hingga memberi akses ke karyawan Anda untuk memesan pengiriman dengan akun yang sama. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini via portal web booking GrabExpress melalui https://express grab.com/book/Iogin.

0 Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengirim dan pelanggan dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi Grab pada saat proses pengantaran. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil oleh kurir pada saat pengambilan dan pengiriman barang.

o Nalangin: Fitur terbaru dalam layanan GrabExpress menghadirkan pilihan sistem Cash on Delivery (COD) untuk semua pengguna di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Wirausahawan mikro di Surabaya bisa mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung lebih dulu oleh mitra pengemudi.

o GrabExpress Car: Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar (hingga 150 kg) dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang lebih banyak.

o Layanan Paket Hemat: Para pelanggan GrabExpress dapat memanfaatkan Iangganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya. Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado. Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

Kehadiran 5 fitur baru ini sejalan dengan komitmen GrabExpress untuk menghadirkan layanan yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Terutama mengingat jumlah UMKM di Tanah Air sangat banyak. bahkan memiliki peran vital sebagai salah satu pilar perekonomian nasional. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2017 terdapat hampir 63 juta unit UMKM, atau naik 2,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya3. Dari total UMKM tersebut, yang paling banyak adalah usaha mikro sejumiah 62 juta unit usaha atau mencapai 98.70 persen dari total UMKM di Indonesia.

GrabExpress merupakan layanan kurir berbasis aplikasi yang memiliki pertumbuhan paling cepat di Indonesia. dan telah melayani 150 kota di seluruh Indonesia. Lebih dari 50% pengguna GrabExpress adalah wirausahawan mikro yang menjual barangnya melalui media sosial maupun marketplace. Jumlah pengiriman harian dengan menggunakan GrabExpress pun telah meningkat lebih dari 20 kali ‘Iipat dalam satu tahun terakhir dimana lebih dari 90% jumlah pesanan tersebut tiba tepat waktu di tempat tujuan. Grab juga menghadirkan fitur “Pusat Bantuan” pada aplikasi Grab untuk membantu pelanggan melaporkan kendala yang mereka hadapi.

Berdasarkan temuan riset Tenggara Strategies dan CSIS mengestimasi bahwa pada 2018 Grab berkontribusi sebesar Rp 4,2 triliun ke perekonomian Kota Makassar melalui empat lini usahanya, yakni GrabBike, GrabCar, GrabFood dan GrabKios. “lnisiatif ini selaras dengan misi 2025 ‘GrabforGood’, yang salah satunya berupa komitmen Grab untuk turut meningkatkan keterampilan dan kapabilitas UMKM di seluruh Indonesia. Makassar memiliki posisi yang sangat strategis dan merupakan pintu gerbang perekonomian Sulawesi Selatan. Karena litu, kami yakin perkembangan bisnis d8″ jangkauan pasar pelaku UMKM di kota ini akan memberikan dampak besar pada kota-kota lain di Sulsel dan lebih besar lagi ke seluruh Indonesia,” tutup Tyas.