Berjalan Kaki 7 KM, Relawan ACT MRI Sulsel Salurkan Bantuan ke Luwu Utara

Online24jam, Masamba, Luwu Utara – Panas terik menemani perjalanan tim relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan dalam menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang Prov. Luwu Utara.

Kali ini kisah berbeda datang dari Tim ACT MRI Sulsel saat menyalurkan bantuan ke salah satu wilayah yang hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki sejauh 7 kilometer, karena jembatan yang menjadi akses penghubung ke wilayah tersebut mengalami kerusakan akibat hantaman air bah dari banjir bandang yang membawa material lumpur dan kayu.

Tepatnya di Desa Maipi Kec. Masamba, sebuah wilayah yang terletak di daerah pegunungan hulu sungai yang menjadi sumber banjir bandang di Luwu Utara. Di desa ini terdapat sekitar 300 kepala keluarga yang terdampak, adapun akses menuju desa ini ditempuh dengan berjalan kaki melalui tebing curam sejauh 7 KM.

Arhan MS, salah satu relawan ACT MRI Sulsel yang ikut serta dalam penyaluran bantuan mengatakan bahwa desa ini terdampak cukup parah dan lokasinya terpencil serta sumber penghasilan utama warga tersapu banjir sehingga mereka sangat membutuhkan bantuan sebagai penyambung hidup.

“Di desa ini, kami temukan sebanyak 23 rumah warga mengalami kerusakan serius, sedangkan 7 rumah dan 1 mushalla hilang tersapu banjir. Selain itu, sekitar 50 tiang listrik roboh dan 3 jembatan putus. Ada juga sawah seluas 30 HA yang menjadi sumber penghasilan utama warga tersapu banjir sehingga tidak bisa digunakan lagi.”

Sejak awal terjadinya bencana Banjir Bandang di Luwu Utara hingga saat ini, ACT terus membersamai para korban terdampak dengan membuka layanan Posko Kemanusiaan sebagai pusat informasi dan penyaluran bantuan untuk warga terdampak. Bagi para sahabat dermawan yang ingin menyalurkan bantuannya dapat melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap ke Bank Sulselbar Syariah 5100 5321 0417 1658 atau Bank BNI Syariah 777 1659 997. Untuk konfirmasi bukti transfer atau info lebih lanjut dapat menghubungi nomor berikut via whatsapp 0821 9224 1414 atau ke careline ACT Sulsel 0411 898 6113.