Istri Nelayan Protes Penambangan Pasir di Sangkarrang, Asriadi Sulaeman: Tidak Ada Pelanggaran

Online24jam, Makassar, – Istri-istri nelayan dari Kepulauan Sangkarrang siang tadi menggeruduk Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel. Aksi mereka terkait penolakan aktivitas penambangan pasir yang dilakukan PT Boskalis di wilayah laut Makassar membuat mata pencaharian mereka terganggu.

“Kami mau hentikan penambangan pasir, karena selama ada Boskalis itu menambang di Kepulauan Sangkarrang, kami kehilangan pekerjaan” ujar salah seorang ibu.

Sebagaimana diketahui, PT Boskalis melakukan aktivitas penambangan di laut Makassar sudah cukup jauh mengganggu para nelayan yang berada di Kecamatan Sankarrang. Akibatnya selain merusak lingkungan, aktivitas penambangan pasir itu membuat ikan kian sulit didapatkan.

Unyuk itu, dalam orasinya mereka berharap Gubernur segera menghentikan proses penambangan tersebut.

” bisa-bisa pulau kami tenggelam, semua telur, ikan dan terumbu karang hancur,” ucap yang lain.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Sulsel Asriadi Sulaeman mengatakan, tidak ada pelanggaran yang dilakukan PT Boskalis atas aktivitas penambangan pasir.

” Dalam penerbitan izin tentu satuan kerja teknis sudah melibatkan semua OPD teknis terkait, sehingga kita tidak melakukan pelanggaran terkait itu.” ujarnya.

“Kendati demikian apa yang mereka sampaikan rencananya akan kami laporkan kepada bapak Gubernur untuk dilakukan penghentian sementara.” pungkasnya.